DKP Sumbar Programkan Pengentasan Kemiskinan Bagi Profesi Nelayan


www.jurnalissumbar.id 

Memasuki tahun 2020, Dinas Kelautan dan Perikan Propinsi Sumbar terus melakukan  perbaikan terhadap ekonomi masyarakat nelayan maupun peningkatan hasil produksi nelayan akan tangkapan ikan sebagai . program peningkatan yang ada tetap dilanjutkan guna mengentaskan kemiskinan masyarakat pesisir dengan beragam kegiatan




Demikian disampaikan  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Sumbar Yosmeri ketika www.mediaportaleditor.com  menyambanginya di ruang kerjanya, Jum’at (17/1)



Kegiatan itu melalui bantuan   alat tangkap ikan, perahu mesin dan tempat penyimpanan ikan. dibantu. Diantaranya nelayan yang ada di pulau sumatera di pesisir pantai Propinsi Sumbar dan nelayan di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai guna meningkatkan hasil tangkap nelayan itu sendiri..

Bantuan tersebut sesuai dengan fungsi daerah masing masing di tahun 2020 ini. Kata Yosmeri


“Program kita guna meningkatkan alat tangkap mereka terus diupayakan. Sedangkan nelayan yang kemampuannya diatas 30 Gros Ton/GT nelayan itu tak dibantu lagi. itu pemerintah melalui Dinas DKP Sumbar nelayan yang dibantu hanya nelayan berskala tradisional mencapai 1500 nelayan,”  jelasnya.

Dalam catatan Dinas DKP Sumbar nelayan yang berkapasitas melaut dengan perahu mesin yang masih dapat bantuan tersebut merupakan nelayan yang mempergunakan kapal dengan skala kecil, sedang dan menengah. Sesuai dengan ukuran kapal yang dipergunakan nelayan pergi melaut adalah kapal berkapasitas 5-10 GT, 10-15 GT, 15-20 GT dan nelayan kapasitas 0-5 GT.

“Bahkan sampai sekarang ada nelayan pergi melaut yang hanya dengan perahu atau dengan sampan saja. Dari aspek keperihatinan itulah pemerintah melalui Dinas DKP Sumbar sebagai regulator yang ditindaklanjuti untuk terus diberdayakan dengan berbagai program bantuan buat nelayan melaut yang masih saja dengan sampan. Sedangkan nelayan melaut dengan mempergunakan kapal kapasitas 30 GT hanya 200 unit kapal,” “, terangnya prihatin.

Menurut Yosmeri,  SDM nelayan tak bisa dihitung peningkatannya. Tetapi Nilai Tukar Nelayan (NTN) nelayan Sumbar melebihi dari target NTN tahun 2019 lalu yakni mencapai  107 NTN. Dengan produksi nelayan meningkat diatas 105 ETE. Sedangkan nelayan Sumbar mencapai 107 NTN-nya. Artinya, ada lebih NTN 2 angka dari target produksi 105 ETE. 

#PME



No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang