Dinas Kominfo Pali Belajar Pengelolaan Informasi ke Padang Pariaman

Dinas Kominfo Pali Belajar Pengelolaan Informasi ke Padang Pariamanwww.jurnalissumbar.idDinas Kominfo Padang Pariaman menerima kunjungan Dinas Kominfo Kabupaten Pali Provinsi Sumatera Selatan. Rombongan dipimpin Kabid TIK Dinas Kominfo Kabupaten Pali, Bertha Haryanto Senin, (28/1/2020).

Rombongan diterima dengan hangat oleh Kepala Dinas Kominfo Zahirman dan Kabid TIK Romi S Cahyadi, dan didampingi oleh beberapa orang kasi dijajaran Dinas Kominfo Padang Pariaman.
Dalam kunjungannya, Kabid TIK Dinas Kominfo Kabupaten Pali, Bertha Haryanto menyampaikan Kabupaten Pali adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Muara Enim, sebagai daerah yang baru pemekaran tahun 2013 kemaren tentu perlu banyak belajar kepada kabupaten lainya di Indonesia termasuk ke Kabupaten Padang Pariaman yang sudah berusia lebih dari seratus tahun dan tingkat kematangannya tentu sudah sangat tinggi, bahkan sudah sering mendapat berbagai penghargaan tingkat nasional.
"Kami datang ke Kabupaten Padang Pariaman ini terdiri dari rombongan gabungan tiga 0PD, Dinas Kominfo dan dua dinas lainnya yaitu Dinas Capil dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pali. Kunjungan kami ini ingin mendapat informasi dan pelajaran terkaitan pengelolaan dan pengembangan OPD agar bisa diterapkan di kabupaten kami terkhusus mungkin di tiga dinas ini," ujar Bertha Haryanto.
"Terkhusus Dinas Kominfo kami ingin tau langkah apa yang Bapak lakukan untuk mewujudkan Dinas Kominfo Padang Pariaman bisa seperti sekarang ini, sejak berdirinya optimis untuk menjalani tipe A asumsi kami tentu kepala dinasnya sangat memiliki sesuatu yang luar biasa dan bahkan Kabupaten Padang Pariaman sudah mewujudkan Program Smart City," tanya pak Bertha Haryanto sekaligus ungkapan kesalutannya pada sosok kadis Kominfo Padang Pariaman.
Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.
"Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008," tutur Kadis Kominfo Padang Pariaman Zahirman.
Lebih lanjut Zahirman menegaskan "Semua kebijakan dalam melahirkan atau menjalani program dasar berpijak kita adalah UU. Untuk di Padang Pariaman disamping UU Pemerintah Daerah Padang Pariaman juga membuat perdanya dan perbup yang mengatur tentang segala sesuatunya," ujarnya.
Namun pendekatan regulasi itu belum cukup untuk bisa meyakinkan semua OPD, kita perlu melakukan pendekatan persuasif menjalin komunikasi yang intens dengan semua kepala OPD di semua level kedinasan. Dinas Kominfo itu berbuat bukan untuk dirinya sendiri, tapi perlu dukungan dari semua OPD terkait. Dan yang lebih penting itu adalah komitmen kepala daerah untuk mendukung program yang akan dijalankan tentu juga berawal dari bagaimana kita meyakininya.
Dikatakannya, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sangat merespon dan mendukung penuh program-program dinas Kominfo karena beliau memahami bahwa inilah salah satu jalan untuk menciptakan pelayanan prima, memastikan kemudahan terhadap pelayanan publik dan akan bisa menata pemerintahan yang good goverment tersebut. Bahkan tidak jarang beliau terlibat langsung dalam setiap persentasi sesuai permintaan di berbagai daerah bahkan di kementrian sekalipun. jelasnya.
Lebih lanjut Bertha Haryanto menyatakan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Padang Pariaman dan mengakui banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran dalam kunjungannya ke Padang Pariaman. Bertha mengharapkan Dinas Kominfo Padang Pariaman tetap membuka komunikasi terhadap persoalan-persoalan yang membutuhkan jawaban nantinya sesampai di Kabupaten Pali, mereka berkeinginan akan ada Mou dan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Pali dengan Kabupaten Padang Pariaman terkait tata kelola pemerintah yang baik. 

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang