Antisipasi Virus Corona (2019-nCoV) Ini Yang Dilakukan Dinkes Pasaman Barat

Jurnalis Sumbar

Menindak lanjuti serta mengantisipasi masuknya virus Corona yang saat ini melanda Negara China, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat bersama dengan Puskesmas lakukan penyuluhan dan ajakan terhadap masyarakat agar melakukan pola hidup bersih dan sehat. Selasa, (28/1/2020)

Hal tersebut dilakukan dengan cara melakukan pengecekan di seluruh puskesmas dan rumah sakit, hingga hari ini dinas kesehatan kabupaten pasaman belum menemukan masyarakat yang terindikasi mengidap virus corona.

Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Pasbar, Dian Leonita mengatakan, dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus tersebut, Dinas kesehatan sudah meminta seluruh masyarakat dan puskesmas untuk menerapkan pola hidup sehat dan serta melakukan pemeriksaan kesehatan fase kesehatan terdekat.

Disamping itu, Dinkes juga mengiteruksikan setiap pusksesmas, melakukan pemantauan intensif terhadap masyarakat di wilayah kerja masing-masing. jika ditemukan indikasi, petugas harus segera bertindak cepat sesuai prosedur.

"Sebagai langkah pencegahan yang jitu, terhadap serangan virus, masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta mencuci tangan saat akan makan, kemudian menutup mulut apabila sedang bersin. disisi lain, masyarakat yang ingin berpergian di luar ruangan harus menggunakan masker atau penutup mulut,"Ungkapnya.

Ditambahkan, ia meminta masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh isu atau berita bohong. jika menemui keluarga atau diri sendiri menyerupai indikasi virus corona, diharapkan segera melapor dan memeriksakan diri ke puskesmas.

"Diharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh isu yang berkembang, kalau ada yang melihat gejala yang menyerupai virus Corona, agar dapat segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat,"himbaunya.

Sekilas, virus baru yang disebut corona virus telah membuat geger warga dunia. Sebab, selain dapat menyebar dengan sangat cepat, virus itu juga telah menyebabkan kematian pada banyak orang di beberapa negara dunia, terutama di China.

Virus yang pertama kali muncul dari daerah Wuhan ini telah memakan korban jiwa 106 orang dan menjangkiti  4.690 positif corona
sejak pertama kali muncul akhir tahun lalu.
Laporan pemerintah China menyatakan, virus corona mulai mewabah di Wuhan, China, pada Desember lalu.

Para pejabat negara mengatakan virus corona mungkin berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat kota Wuhan. Apalagi sejumlah penderita awal yang terjangkit virus Novel 201 Corona virus (2019-nCoV) itu adalah karyawan pasar makanan tersebut.

Mengutip Hadis Bukhari dan Muslim
"Jika Kalian Mendengar Tentang Wabah-2 Di Suatu Negeri,
Maka Janganlah Kalian Memasukinya.
Tetapi Jika Terjadi Wabah Di Suatu Tempat Kalian Berada,
Maka Janganlah Kelian Meninggalkan Tempat Itu,".
SEMOGA INDONESIA BEBAS CORONA

(DIF)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang