Sosialisasi STBM, Sepakati Percepatan Akses Universal


Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Kabupaten Padang Pariaman drg. Arman, S.H., M.M., membuka Sosialisasi Peraturan Bupati Padang Pariaman Nomor 46 Tahun 2019 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) serta Pencanangan Komitmen Bersama untuk Percepatan Akses Sanitasi di Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (17/12) di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman. 

Mewakili Bupati Padang Pariaman Armen mengatakan: STBM merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung upaya percepatan peningkatan Akses Universal di Indonesia dan yang menjadi leading sektor dari pergerakan sanitasi ini adalah Dinas Kesehatan.

Pada tahun 2017 Bupati Kabupaten Padang Pariaman telah mengeluarkan Instruksi Bupati nomor 1 tahun 2017 tentang STBM dan telah disosialisasikan pada berbagai pihak termasuk pemerintahan kecamatan, nagari dan pihak swasta.

Melalui Peraturan Bupati Padang Pariaman Nomor 46 Tahun 2019 tentang STBM ini diharapkan agar semua unsur-unsur terkait saling bekerjasama untuk mendorong percepatan pembangunan sanitasi di Kabupaten Padang Pariaman melalui pertemuan kolaborasi dan sinergi pertemuan antara Pokja AMPL, OPD terkait termasuk Camat dan Wali Nagari dalam mensosialisasikan peraturan tersebut. 

Pada tahun 2019 Capaian Universal Akses di Sumatera  Barat khususnya akses sanitasi sebesar 76,63% dan pada Kabupaten Padang Pariaman pencapaian Universal Akses pada bulan September 2019 yaitu akses air minum sebesar 67,23%, akses jamban 66,73%, dan penyelesaian kawasan kumuh seluas 102,71 Ha.

Sangat diperlukannya kerja keras dari semua pihak baik dari pihak nagari maupun kecamatan, OPD terkait yang berperan serta untuk mewujudkan Padang Pariaman menjadi Kabupaten ODF di Sumatra Barat dan ia juga berpesan agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan serius dan bersungguh-sungguh sehingga harapan dan tujuan yang dicita-citakan bersama dapat terwujud.

Narasumber Sosialisasi Direktur Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan masyarakat (LP2M) Ir. Ramadaniati, dan Kepala Dinas Kesehatan Drs. Yutiardi Rivai, Apt. 

Yang hadir Unsur Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman, Kepala OPD se Kabupaten Padang Pariaman, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman selaku peserta pada Sosialisasi.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang