Ronggeng Sakabek Arek Simpang Timbo Abu Pukau Pemirsa Pelantikan HIMAPASBAR Riau

Jurnalis Sumbar

Sabtu malam, 14/12/2019 di Anjung Seni Idris Tintin, Pekanbaru, Riau. Grup kesenian tradisional ronggiang 'Sakabek Arek' Simpang Timbo Abu, nagari Persiapan Simpang Timbo Abu Kajai, kecamatan Talamau, kabupaten Pasaman Barat, tampil menghibur ratusan penonton dalam acara 'Pelantikan dan Pagelaran Seni' Himpunan Mahasiswa Pasaman Barat (Himapasbar) di Riau.


Selain dihadiri oleh tokoh-tokoh di Riau, juga dihadiri oleh ketua DPRD, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pendidikan Pasaman Barat. Grup kesenian ronggiang 'Sakabek Arek' yang diundang sebagai penampil kesenian asli dari Pasaman dan Pasaman Barat ini, menghibur penonton yang memadati panggung utama gedung purna MTQ tersebut.

"Kami sangat berterima kasih sekali kepada grup ronggiang Sakabek Arek," begitu kesan panitia, yang merupakan mahasiswa/i yang berasal dari Pasaman dan Pasaman Barat.



Salah seorang perantau asal Tanjung Aro, bapak Saridi Tanjung, yang juga merupakan ketua 'Ikasta' Riau (Ikatan Keluarga Simpang Timbo Abu) sekaligus penghubung antara Himapasbar dan grup Sakabek Arek dalam kegiatan ini, sangat mengapresiasi acara ini.

"Semoga ke depannya grup kesenian Sakabek Arek punya kolaborasi yang solid dengan pemda Pasbar. Anak-anak muda yang masih teguh menjaga dan merawat kelestarian kesenian, sepatutnya diapresiasi," ucapnya. Seusai acara tersebut.

Grup kesenian ronggiang Sakabek Arek, yang sebelumnya juga pernah tampil di acara Festival Sumarak Tradisi Minangkabau, di Universitas Andalas (Unand) memang beranggotakan Milineal asal Pasbar.

"Insya Allah kita akan mencoba membangun 'jembatan' ke instansi terkait," balas Joel Pasbar (seniman dan relawan Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat) yang juga merupakan kordinator lapangan dalam grup ronggiang Sakabek Arek.

( Dif/Joel )

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang