Program Kampung KB Diharapkan Digarap Bersama

Asisten Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Idarussalam atas nama Bupati Ali Mukhni membuka Pertemuan Antar Lintas Sektor Terkait Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Ruang Rapat Setdakab, Kamis (19/12).

Pertemuan yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) itu mengusung satu agenda utama membahas persiapan pelaksanaan kegiatan Serentak Menggarap Kampung KB (Sergap Kakab) di Kampung KB Air Tajun Kencana Korong Ladang Rimbo Timur Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging.

Dalam sambutan membuka pertemuan, Idarussalam mengatakan bahwa program Sergab KaKab dapat mengetahui permasalahan yang dialami oleh masyarakat. “Dengan adanya program Sergap Kakab ini diharapkan agar pemerintah dapat mengetahui masalah yang dialami masyarakat Kabupaten Padang Pariaman sehingga kita semua dapat mencari jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat tersebut,” ujarnya.

Mantan Kepala BKD itu mengharapkan kegiatan Sergab KaKab dapat "dikeroyok" bersama-sama sehingga targetnya dapat dicapai dengan cepat.

"Program Sergap Kakab ini tidak hanya menjadi kewajiban DPPKB saja namun ini juga menjadi tanggung jawab seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama stakeholder lainnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman," harapnya.

Mengutip data dan informasi dari DPPKB, Idarussalam mengatakan 14 Kepala Keluarga di Kampung KB Air Tajun Kencana Korong Ladang Rimbo Timur Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging tidak memiliki jamban sehingga masih banyak masyarakat yang menggunakan sungai sebagai MCK sehingga sulit untuk menerapkan hidup sehat di nagarin tersebut. "Oleh sebab itu perlunya perhatian pemerintah dan kita semua untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” tambahnya.

Mengulang harapannya, Idarussalam kembali menegaskan kepada OPD terkait untuk dapat mengintervensi program Sergab Kakab melalui koordinasi dengan DPPKB sehingga masyarakat dapat merasakan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat serta masyarakat juga merasakan bahwa pemerintah peduli terhadap kesejahteraan masyarakat tersebut.

Sementara kepala DPPKB dr. Aspinudin melaporkan bahwa program Sergap Kakab merupakan satu dari lima program yang dihasilkan oleh DPPKB diantaranya Cakau, Bere-Bere, Kopi Darat dan Papa Paten Bana. "Semua program tersebut telah berjalan dan untuk Sergap Kakab sendiri merupakan kegiatan ketiga, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Enam Lingkung dan Kecamatan Batang Gasan," kata Aspinudin.

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan itu, kegiatan Sergap Kakab Padang Pariaman telah melibatkan 22 kampung KB yang ada di Kab. Padang Pariaman.

Pertemuan dihadiri dari Unsur Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman, OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, BPJS Padang Pariaman dan LP2M.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang