PANGKALAN UTAMA TNI AL II PERINGATI HARI NUSANTARA

Deklarasi Juanda pada 13 Desember 1957, menyatakan Indonesia sebagai negara kepulauan yang mempunyai corak tersendiri dan sejak dahulu kala kepulauan Nusantara ini sudah merupakan satu kesatuan. Deklarasi ini mewujudkan bentuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan bulat, menjadi dasar menentukan batas-batas wilayah NKRI, sesuai dengan asas negara Kepulauan. Serta mengatur lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan NKRI.

Deklarasi Juanda kemudian diperingati sebagai hari Nusantara, Upacara peringatan hari Nusantara pertama kali diadakan tahun 2001 pada masa pemerintahan Ibu Megawati Sukarno Putri. Tahun 2019 ini memasuki peringatan yang ke-19 di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang di peringati dengan mengadakan upacara bendera dan pembacaan Deklarasi. Tampil sebagai Inspektur Upacara, Komandan Detasemen Markas Lantamal II, Letkol Marinir Bambang Purnama, S.T. diikuti Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal II.

Dalam amanat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto yang dibacakan Inspektur Upacara, mengajak untuk menjadikan hari Nusantara sebagai langkah untuk mempertebal semangat kebhinekaan dan tetap melaksanakan pembangunan Nusantara dalam mengelola wilayah maritim, pesisir hingga perbatasan dan pulau-pulau terluar sebagai bagian dalam upaya menjaga kedaulatan bangsa dalam bingkai NKRI.

Dispen Lantamal II

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang