Koperasi Serba Usaha Aua Kuniang Diresmikan



Jurnalis Sumbar

Puluhan masyarakat Nagari Aua Kuniang, Kabupaten Pasaman Barat bentuk koperasi Serba Usaha (KSU). Koperasi ini berbentuk badan usaha sembako, sarana pertanian, simpan pinjam dan jasa pembayaran, Kamis (26/12/19).

Puluhan masyarakat ini sengaja membentuk sebuah koperasi, yang mana tujuannya untuk dapat saling membentu sesama anggota. Dimana kebanyakan anggota kopeasi yang diberi nama KSU Bersama Maju  Mandiri ini berasal dari Nagari Aua Kuniang dan sekitarnya. 


Ketua KSU  Bersama Maju Mandiri periode 2019 - 2024 terpilih, Erwin menyampaikan, koperasi Serba Usaha tersebut terbentuk dari hasil kesepakatan masyarakat yang sama-sama ingin memiliki usaha bersama.

"Koperasi Serba Usaha ini, ke depan memiliki empat unit usaha di antaranya  usaha sembako, sarana pertanian, simpan pinjam dan jasa pembayaran," katanya.


Erwin, selaku ketua koperasi periode 2019 s/d 2024 menyampaikan juga mengajak seluruh anggota untuk bersama-sama memajukan usaha koperasi tersebut. 

"Jika koperasi ini maju, maka anggotanya akan sejahtera, sesuai dengan tujuan koperasi, yakni mensejahterakan anggota," ucapnya.

Dilanjutkan, Koperasi Serba Usaha itu memiliki banyak manfaat dan keuntungan,  di antaranya harga produk di koperasi jauh lebih murah dari toko lain, dan hebatnya lagi keuntungan dari koperasi itu, nantinya di Rapat Akhir Tahun (RAT) semua anggota akan menerima sisa hasil usaha atau biasa disebut SHU.

Di samping itu,  Walinagari Aua Kuniang Hendro S. Pd yang juga menjadi pembina koperasi Bersama maju Mandiri mengukapkan rasa bangga atas berdirinya koperasi di nagari Aua Kuniang.

"Kita turut bangga, dengan adanya koperasi ini, perekonomian  masayarakat bisa terbantu, seperti harga lebih murah, tentu ini memberikan keringanan bagi anggota," katanya.

Senada dengan itu, Ade Media Saputra selaku Ketua Pengawas Koperasi Bersama Maju Mandiri mengajak semua anggota berperan aktif. 

"koperasi ini miliki kita, yang harus kita jaga dan kita kembangakan bersama," ajaknya. 

Dia juga berpesan, jika dalam jalannya usaha koperasi tersebut ada kendala atau pun masalah agar dapat dipecahkan atau dicari solusi bersama.

"Diharapkan kepada pengurus agar tertib administrasi, dan mencatat semua transaksi agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari," harapnya. 

Dodi Ifanda

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang