Kedatangan Kapolda Sumbar Disambut Tim Kesenian Tambua Tasa Polres Pasaman Barat

Jurnalis Sumbar

Tim kesenian Tambua Tasa Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) tampil menyambut kedatangan Kepala Kepolisian Daerah, Irjen Pol. Drs.Toni Harmanto, MH beserta istri Yesika Toni di Padang, Rabu (18/12).

"Tim kesenian kita dipercaya menjadi penyambut kedatangan Kapolda baru. Suatu kebanggaan bagi tim kesenian tampil saat menyambut pimpinan baru," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Fery Herlambang melalui Kepala Bagian Sumda Polres, AKP Muzhendra, Rabu.

Ia mengatakan kesenian Tambua Tasa merupakan kesenian minang yang mengkolaborasi antara kato atau kata pasambahan, seruling, silet, tari galombang, tari dulang, tari pasambahan, tari piring, tari marawa dan pasambahan carano.

"Kesenian ini menggambarkan kesenian minang yang merupakan kebanggaan masyarakat Sumbar," katanya.


Menurutnya Tambua Tasa Polres Pasaman Barat berdiri sejak 2015 di bawah binaan Kapolres Pasaman Barat.

Anggota kesenian Tambua Tasa berisikan personil Polres dan Bhayangkari Polres Pasaman Barat sebanyak 60 orang.

"Tim kesenian Tambua Tasa Polres Pasaman Barat sudah beberapa kali tampil di Polda Sumbar dalam penyambutan Kapolri dan pejabat utama Mabes Polri," sebutnya.

Ia menanbahkan tim kesenian Tambua Tasa ini di bawah koordinator Kepala Bagian Opsal, Kompol Muddasir dan Kabag Sumda AKP Muzhendra yang selalu latihan dan tampil diberbagai kesempatan.

"Tim kesenian ini merupakan salah satu upaya melestariakan budaya minang yang ada. Selain itu juga upaya memancing generasi muda untuk ikut berpartisipasi melestarikan kesenian minang," ujarnya.

(Tim Jurnalis Sumbar)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang