Jusuf Kalla Dianugerahi DR HC, Dari UNP Padang

Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat memberikan gelar kehormatan kepada mantan Wakil Presiden Republik Indonesia H Muhammad Jusuf Kalla. Gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) yang melekat di Jusuf Kalla itu diberikan di bidang penjamin mutu pendidikan.

JK dinilai pantas mendapatkan gelar akademis tersebut karena dipandang sebagai tokoh penggagas, pejuang, dan pengawal mutu pendidikan di Indonesia.


Rektor UNP Ganefri menyampaikan anugerah kepada wapres ke 10 dan je 12 itu diserahkan dalam Sidang Senat Terbuka UNP, Kamis, 5 Desember 2019.

Rektor UNP Ganefri mengatakan JK selama ini dikenal sebagai tokoh yang punya komitmen kepedulian pada mutu pendidikan

"Melalui kebijakan, kiprah dan komitmen Pak JK sebagai tokoh yang memiliki kepedulian pada mutu pendidikan dan telah banyak bukti nyata yang imbasnya terhadap pembangunan peradaban bangsa," ucap R Ganefri di Padang.

Berbagai kebijakan yang dibuat JK terutama selama menjabat sebagai Wapres RI dua periode menurut Ganefri telah membuat pendidikan Indonesia berkontribusi mengejar ketertinggalan dari bangsa lain.

Ganefri menilai peran JK ialah menjamin mutu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK). Di antaranya mensukseskan pelaksanaan UN. UN kata dia berdampak pada mutu input lulusan Sekolah Mengenah yang akan diterima di perguruan tinggi.

Dalam hal ini, mantan ketua umum Partai Golkar tersebut menurut Ganefri konsisten mengawal UN sejak menjabat Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) sampai menjabat Wapres selama dua periode secara tidak berurutan.

Selain UN, bukti nyata konsistensi JK dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia ialah dengan implementasi kurikulum sejak 2013 sampai sekarang. Yakni kualitas Kurikulum Nasional Indonesia.

Saya mengucapkan  terima kasih kepada Rektor UNP dan Senat Universitas yang memutuskan penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa pada saya," kata JK saat menyampaikan orasi ilmiah di Auditorium UNP.

UNP memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada JK untuk bidang Penjaminan Mutu Pendidikan khususnya dalam kaitan dengan Ujian Nasional (UN) untuk meningkatkan pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Dalam pidato ilmiahnya, Jusuf Kalla mengatakan, pendidikan nasional masih menghadapi banyak tantangan, khususnya dalam peningkatan mutu dan menjamin mutu secara berkelanjutan.

Menurutnya, dewasa ini dan di masa depan situasi akan sangat kompetitif dan sekaligus disruptif. Dalam perkembangan yang tidak selalu kondusif itu, menurut dia banyak faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan kemajuan pendidikan.

Jusuf Kalla mengatakan, hanya dengan pendidikan nasional yang bermutu atau berkualitas tinggi dan merata secara nasional, Indonesia dapat mencapai kemajuan.


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang