Menteri Agama RI Jenderal Fachru Rozi, Bangga Jadi Orang Minang

www.jurnalissumbar.id

Menteri Agama RI, Fachrul Razi, sangat bangga bisa menjadi bagian dari orang Minangkabau. Menag lahir dan besar di Aceh, akan tetapi ayahnya berasal dari Minangkabau tepatnya di daerah Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar).

“Ayahnya saya asli Matua dekat Danau Maninjau, tapi ibu saya orang Aceh, kalau saya sendiri lahir dan besar di Aceh,” kata Menag berusia 72 tahun itu ketika kunjungan kerja ke UIN Imam Bonjol Padang, Kota Padang, Jumat (29/11/2019).
Berkunjung ke Sumbar serasa pulang kampung katanya.

Dia mengaku tidak menjadi orang Minang sepenuhnya. Sebab di Minang ditarik dari garis keturunan ibu,

“orang Minang kan memakai sistem garis ibu (matrilineal), tetapi saya tetap bangga menjadi bagian dari orang Minang,” katanya.

Menag dan juga selaku Mantan Wakil Panglima TNI itu berharap Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang mengapresiasi kemajuan yang dialami oleh UIN I Padang hal ini terlihat UIN IB memiliki visi dan Misi kedepan
Diharapkan, kedepan  semakin berprestasi di masa mendatang dan mampu bersaing secara global,” .

“Anak-anak muda Minangkabau hebat-hebat, saya bangga itu, semoga mereka punya visi yang baik ke depan, tadi saya mendorong semangat kepada mereka supayabisa jadi yang terbaik” katanya

Sementara itu Rektor UIN IB Padang Dr. Eka Putra Wirman  mengatakan tepatnya pada Dies natalis  yang ke 53 UIN IB Padang akan berusaha mewujudkan visi Universitas Islam yang mampu berkompetitif di Asean padang tahun 2037.

Dikatakannya, Saat ini UIN IB Padang memiliki mahasiswa 12.786  yang tersebar di 6 fakultas dan pasca Sarjana, dengan daya tamping ditiga kampus, kampus satu dijalan Sudirman Padang, kampus dua Di Lubuk Lintah dan Kampus tiga Di Sungai Bangek
Dan untuk Kampus III (tiga) di Sungai Bangek untuk tahun 2019 ini, UIN IB Padang sudah meminta kepada kementrian Agama RI untuk  pengembangan Kampus kedepan karena pada tahun ajaran 2020 nanti. UIN IB Padang akan membuka fakultas Sains dan teknologi.
Adapun kegiatan dies natalis ke 53 tahun  ini, sejak tanggal 16 hingga 30 november besok, diantaranya workshop dan seminar disetiap fakultas serta kegiatan olahraga seperti gerak jalan, jalan santai, tari tambang, dan tenis eksekutif.
Eka Putra Wirman, mengharapkan di momentum Dies natalis yang ke 53 UIN IB Padang, dorongan dan kerjasama dengan forkopimda  tetap berjalan dengan baik.

#RED


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang