Bupati Yulianto Buka Pelatihan Metode Cepat Membaca (SB3)

Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H. Yulianto secara resmi membuka pelatihan Metode Cepat Membaca "Satu Bulan Bisa Baca (SB3)" yang dilaksanakan di Balerong Tuah Basamo, Sabtu (2/10) Pagi.

Dalam kesempatan itu turut hadir Ketua Himpaudi sekaligus Anggota DPRD Pasbar Komisi IV, Sifrowati Yulianto, Kepala Dinas Pendidikan, Marimus serta narasumber sekaligus penulis buku, Muhammad Toha dan para guru yang mengajar di kelas I dan II Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Pasaman Barat.

Dalam sambutannya Bupati Pasbar, H. Yulianto mengatakan pelatihan metode membaca cepat "Satu Bulan Bisa Baca (SB3)" merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendukung minat baca, kegiatan ini juga sekaligus mendukung program pemerintah yaitu program literasi yang telah dilaksanakan pada seluruh sekolah di Indonesia.

Kemampuan membaca peserta didik tidak terlepas dari peran pendidik, dengan kegiatan ini diharapkan para guru memiliki bekal metode yang cukup untuk mendidik dan mengajar peserta didik agar pandai membaca dengan cepat.

Lanjut Yulianto mengatakan, dengan peserta didik kita pandai membaca dengan cepat akan bisa memotivasi  mereka untuk belajar semakin rajin dan giat sehingga diharapkan bahwa membaca itu akan menjadi rutinitas dan kebutuhan sehari-hari oleh peseta didik kita.

Untuk meningkatkan minat baca mesti dipersiapkan dari awal mulai dari keluarga, lingkungan dan yang paling terpenting dari Sekolah, karena sekolah adalah peran utama untuk meningkatkan mutu dan pola pikir anak- anak didik kita untuk lebih bisa memahami bisa mambaca itu sangat penting untuk dikuasai oleh anak didik kita." Kata Yulianto.

Di akhir sambutannya Bupati Pasbar mengucapkan terima kasih kepada guru- guru yang telah yang telah memberikan didikasinya untuk mengajar anak didiknya walaupun pemerintah belum seutuhnya mampu mensejahterakan guru-guru yang telah mengabdi sekian lama.

Selain itu Ketua Himpaudi sekaligus Anggota DPRD Pasbar, Sifrowati Yulianto mengatakan pelatihan metode cepat membaca dengan formula SB3 ini bertujuan agar para guru mampu menerapkan metode  tersebut dalam mengajar para siswa di sekolah.

Membaca adalah gerbang ilmu, tanpa membaca dipastikan kita tidak akan pernah tahu apapun, maka dari itu untuk menguasai Dunia kita harus membaca." kata Sifrowati Yulianto.

Sifrowati juga mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku akan mendatangkan berbagai manfaat selain dapat menambah wawasan, membaca buku juga pasti dapat meningkatkan kemampuan otak kita, membaca berguna untuk menurunkan resiko terkena peyakit  Alzheimer di usia tua selain itu kebiasaan mambaca buku dapat meningkatkan empati dan hubungan yang erat dengan sesama.

Saya sebagai salah satu Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat diKomisi IV yang membidangi pendidikan akan terus berjuang agar pendidikan kiat menjadi prioritas pembangunan bumi mekar Tuah Basamo sehingga kita mampu berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan Kabupaten Kota lain yang ada di Sumatra Barat." kata Sifrowati.

Selanjutnya Sifrowati mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada para guru yang telah melakukan pengabdian yang luar biasa sebagai pendidik profisional di sekolah masing-masing. Keseriusan dan keikhlasan para guru sebagai ujung tombak pendidikan walaupun kita tahu bahwa pemerintah belum seutuhnya mampu mensejahterakan guru-guru kita yang mengabdi sekian lama tapi jadikanlah itu sebagai ladang amal bagai Bapak/Ibuk guru. Tetaplah semangat karena Kabupaten Pasaman Barat sangat membutuhkan Bapak/Ibuk guru untuk melahirkan dan mendidik generasi bangsa kedepannya.
Salam Literasi 👆
(Dodi Ifanda)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang