Muhayatul, Jadikan HJP Sumatera Barat Untuk Menghargai Jasa Pahlawan

www.jurnalissumbar.id
Hari Jadi Provinsi (HJP) Sumatera Barat yang ke-74  diperingati di Padang bertempat di gedung DPRD Sumbar, tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1945 itu menjadi tonggak sejarah perjuangan orang sumatera barat dalam merebut kemerdekaan,  seorang  anggota parlemen dari partai PAN Muhayatul, SE, MSi   mengajak masyarakat untuk menguatkan kembali eksistensi Sumatera Barat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Usai paripurna peringatan hari jadi propinsi sumatera barat di gedung bagonjong itu, Muhayatul kepada wartawan pekan silam senin (1/9) menyampaikan pesan moralnya bagi generasi muda sumatera barat untuk bisa mengisi pembangunan diera kemerdekaan ini.

Perlu kita bersyukur dengan adanya penetapan hari jadi Provinsi Sumatera Barat yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 1945. Penetapan ini sebagai bagian dari upaya menguatkan kembali eksistensi Sumatera Barat sebagai daerah atau provinsi  yang banyak melahirkan pahlawan-pahlawan  yang berkiprah di tingkat nasional maupun internasional,"  Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, kepada gemamedianet.com di ruang Fraksi DPRD setempat, Senin (30/9/2019).

Bahkan, menurut anggota DPRD asal Daerah Pemilihan (Dapil) VIII Pesisir Selatan-Mentawai ini, lahirnya Republik Indonesia tak terlepas dari banyaknya peran pahlawan-pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat. 

Sekarang, marilah kita jaga NKRI ini dengan mengangkat marwahnya Sumatera Barat melalui hari jadi provinsi untuk berkontribusi terhadap pembangunan-pembangunan terutama dalam membangun sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam 

Untuk memhargai sebuah perjuangan pahlawan di Sumatera Barat kita harus terus mengsosialisasikan kesemua elemen masyarakat terutama generasi muda dapat mengetahuinya.

"Sekolah-sekolah misalnya sudah mulai memberikan mata pelajaran terkait hal itu, sehingga  ke depan diketahui oleh seluruh elemen," ujarnya 

Meskipun demikian, ia mewanti-wanti, hari jadi provinsi tidak sekedar diketahui saja, tetapi bagaimana generasi muda Sumatera Barat dapat mengisi sumber daya serta mengangkat dan memperbaiki potensi diri. 

"Jika ini berjalan dengan baik, maka akan dapat mengangkat sumber daya manusia Sumatera Barat," ujarnya. 

Sementara terkait penganggaran, sebagai wakil rakyat pihaknya sepenuhnya mendukung pembangunan sumber daya sepanjang tidak melanggar aturan-aturan yang ada. Begitu juga Fraksi PAN, untuk menyeimbangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dengan mengembangkannya "Untuk pembangunan Sumatera Barat seutuhnya."

Dalam bingkai "Untuk pembangunan Sumatera Barat seutuhnya" itu secara berkelanjutan dirinya akan memaksimalkan sektor pendidikan di Dapil VIII, Pessel - Mentawai. Menurutnya, untuk jangka panjang ketika sektor pendidikan sudah bagus, maka akan berdampak positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

"Ketika pendidikan bagus, maka kemiskinan, kejahatan dapat terminimalisir atau berkurang, semoga," tukasnya. 

#Red


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang