Moment Hari Kesaktian Pancasila Pasbar Peduli WAMENA

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Pasaman Barat pada Selasa (1/10) pagi berlangsung haru. Bupati Yulianto mengingatkan peserta upacara agar peduli dengan apa yang dialami oleh warga Indonesia di Papua tepatnya di Wamena.

"Saya menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Pasbar agar ikut bersumbangsih dengan apa yang dialami oleh warga Sumatera Barat di Wamena,"papar Yulianto.

Apalagi, tambah Yulianto saat ini tepat pada 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dimana setiap warga negara harus saling harga menghargai terutama untuk mengutamakan Persatuan Indonesia.

"Kita sebagai warga negara, tentunya sebagai warga negara yang baik wajib menjunjung tinggi nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila,"papar Yulianto.

Ia mengajak ASN Pemda Pasbar serta masyarakat Pasbar untuk mendoakan warga negara Indonesia khususnya Sumatera Barat yang berada di Wamena. Agar konflik yang terjadi di wilayah timur tersebut cepat selesai.

"Kita berharap apa yang terjadi di Wamena tersebut cepat selesai. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita turut merasakan apa yang dialami oleh saudara - saudara kita di sana," pesan Yulianto.

Setiap OPD diminta untuk ikut menyumbangkan sebagian rezekinya. Nanti, donasi tersebut akan dikirim kepada warga Sumatera Barat yang berada di Wamena.

Terlihat dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila, seluruh ASN, personil TNI/Polri dan instansi vertikal lainnya di Kabupaten Pasaman Barat.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan penggalangan dana untuk membantu pemulangan sekitar 900 warga yang berada di Wamena, Papua menelan biaya sekitar Rp4,5 miliar.

Kepedulian semua pihak sangat diharapkan karena biaya p,, emulangan dari perantau itu cukup besar, kirimkan bantuan ke rekening Bank Nagari 2101.0210.07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama yang dibuat oleh Pemprov Sumbar. 

Untuk memastikan kondisi terbaru di Wamena Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama sejumlah perwakilan OPD langsung diutus ke Papua untuk memastikan hal itu. Rombongan itu juga membawa sedikit bantuan yang sempat terkumpul sebelum keberangkatan..

Yoki di Pasaman Barat menyampaikan kepada media ini,  "bahwasanya  ada saudara kita di Wamena atas nama Doni Saputra dia bekerja di sana sebagai guru,  kondisi nya di sana masih aman. ⁩Pengungsi ada di kabupaten Mappi". 

*Dodi Ifanda

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang