Kunjungan Kejati Sumbar Cegah Kasus Korupsi di Pasaman Barat

www.Jurnalis Sumbar
Priyanto Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumbar yang melakukan kunjungan pengawasan dan pegamatan (Wasmat)  ke Pasaman Barat menilai bahwa Pasbar Kondusif. Namun, walinagari camat dan kepala OPD diminta bersatu padu untuk melanjutkan pembangunan di Pasaman Barat.

"Sehingga tidak mudah terjadi pelanggaran hukum atau pratek koruptif di setiap kegiatan. walinagari, camat serta kepala OPD bersatu padu membangun sehingga arah pembangunan terarah,"kata Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Priyanto Kamis (10/10) di aula kantor bupati Pasbar.

Selain itu, katanya pihak kejaksaan tinggi maupun Kejaksaan Negeri tidak ada yang bermain mata. Sehingga tetap berada di pengawasan

"Saya menjamin anggota saya tidak ada yang bermain proyek. Sehingga pengawasan benar dilakukan sesuai dengan salah satu tugas kami," ujar Priyanto.

Tidak hanya itu saja, siapa saja yang kesulitan dalam menjalankan pembangunan karena takut tersandung kasus hukum. Boleh melakukan konsultasi hukum dengan pihak kejaksaan sebagai pengacara negara.

"Namun, sebelum sampai kepada kejaksaan, alangkah bagusnya jajaran lingkungan Pemda seperti Inspektorat melakukan pengawasan terlebih dahulu,"ucapnya lagi.

Ia juga menjamin setiap pengguna anggaran jika berjalan di jalur yang benar tidak akan melanggar aturan. Lain halnya dengan pelanggan administrasi. Sehingga pembangunan tepat waktu, tetap sasaran dan berkualitas.

"Kalau administrasi ini bisa dimaklumi semua pihak, bukan niat untuk korupsi,"tandasnya.

Ia juga menekankan kepada pihak manapun yang menggunakan kekuasaan agar selalu berhati hati dengan gratifikasi atau uang sogok. Karena banyak pihak yang sudah terjaring dengan kasus tersebut.

"Akhir-akhir ini banyak kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK karena terdapat gratifikasi. Saya harap itu tidak terjadi di Pasbar," Pesan Priyanto.
Pemerintahan di Pasaman Barat yang hingga kini sudah berjalan kondusif, dimana semua agenda pembangunan dapat diselesaikan dengan baik, jangan ada pembangunan yang berhadapan hukum.

Bupati Pasaman Barat Yulianto mengucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada Kajati karena telah menyempatkan diri ke Pasbar.
"Kami memohon petunjuk, bimbingan dan arahan kepada segenap jajaran pemerintahan dan masyarakat, agar agenda pembangunan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik,"katanya

Karenanya, Yulinto bersyukur atas Kunjungan Kerja Kajati Sumbar ke daerah yang dipimpinnya yang baru dilantik 17 September melanjutkan estafet kepemimpinan Alm. Syahiran. Bupati Yulianto berharap sinergitas tetap dan selalu terjaga antara Pemerintah dengan seluruh unsur Forkopimda serta instansi dan lembaga lainnya.

Kegiatan pengarahan umum kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera  Barat dengan tema" Pencegahan Tindak Pidana Korupsi" tersebut dihadiri Forkopimda,  Kapolres Pasbar, DanKoramil Pasbar, Kejaksaan Negeri Pasman Barat, perangkat dinas SKPD/OPD Pemda Pasbar, Camat, Wali Nagari.

Di akhir kunjungannya Kajati Sumbar melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah dinas di komplek Kejaksaan Negeri Pasaman Barat.

*Dodi Ifanda

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang