Kompetensi Camat" Sasak Ranah Pasisia Dinilai Tim Provinsi

Pasaman Barat, Jurnalis Sumbar
Camat Kecamatan Sasak Ranah Pasisia Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Nur Fauziah Zein dinilai oleh tim penilai kompetensi Camat se-Sumatera Barat (Sumbar), Senin (29/10) di Kantor Camat Sasak Ranah Pasisia.

Ketua tim penilai, Asrul Syukur menyampaikan bahwa beberapa objek yang menjadi penilaian adalah bidang pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.


Asrul menyampaikan, penilaian terhadap kompetensi camat dilakukan karena pada era sekarang tuntutan masyarakat terhadap pemerintahan sangat tinggi. Oleh sebab itu, pejabat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat seperti camat harus benar-benar berkompeten.

Indikator yang menjadi fokus penilaian disebutkan Asrul diantaranya adalah seorang camat harus mengetahui undang-undang dan keseluruhan teori tentang tugas pokok seorang camat, pendekatan kemasyarakatan yang telah dilakukan, integritas, kesungguhan camat bersangkutan di dalam bekerja serta inovasi yang telah dilakukan.

"Hari ini kami turun ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan," kata Asrul.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pasbar, H. Yulianto melalui Asisten Pemerintahan, Edy Murdani menyampaikan bahwa beberapa poin yang menjadi keunggulan Camat Sasak Ranah Pasisia adalah pembinaan organisasi yang harmonis baik internal maupun lintas sektoral di kecamatan. 

Selanjutnya, sebagai delegasi dari bupati di kecamatan, Camat Sasak Ranah Pasisie selalu aktif dalam melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kabupaten dan memiliki inovasi di bidang pembangunan yakni dengan membangun Tugu Khatulistiwa di kawasan Pantai Muaro Sasak dengan dana swadaya dari perusahaan dan masyarakat.

"Camat Sasak Ranah Pasisie juga telah berhasil melakukan pembinaan kepemudaan, sehingga pemuda Sasak berhasil meraih juara 1 pemuda pelopor tingkat Sumbar," ungkap Edy.

Sementara, tokoh masyarakat Sasak, Faisal Efendi menyampaikan bahwa Camat Sasak Ranah Pasisia telah berhasil membangun berbagai sektor di daerah setempat. Di bidang kesenian Nur Fauziah Zein berhasil melakukan pembinaan sehingga bermunculan sanggar kesenian budaya seperti Gondang Lasuang yang menjadi ciri khas dan telah tampil di televisi nasional dan swasta.

Dilanjutkan, dari segi UMKM juga terjadi perkembangan yang sangat lesan berkat dikungannya, sehingga saat ini produk olahan masyarakat telah memiliki kemasan khusus dan label merk. Begitu juga dengan sektor pariwisata yang mengalami kemajuan yang sangat pesat ditandai dengan banyaknya kunjungan wisatawan setiap harinya menuju kawasan pariwisata Sasak.

"Inilah Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, destinasi wisata Pasbar yang tidak terlepas dari peran aktif camat. Suatu kebahagiaan bagi Kecamatan Sasak Ranah Pasisia pada usia ke 25 Tahun  mewakili camat berprestasi di tingkat provinsi," ujar Faisal.

*Dodi Ifanda

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang