Khatam Qur'an, Ajang Regenerasi Kepemimpinan Bangsa

Padang. www.jurnalissumbar.id
Kegiatan khatam quran bagus untuk membentuk karakter generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang. 
Hal ini ditegaskan Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH saat menutup Khatam Quran ke-14 TPQ - TQA Masjid Al-Furqan RW VII Komplek Rahaka Griya Permai Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Minggu 27 Oktober 2019.

“Dengan kegiatan khatam ini, kita telah mempersiapkan generasi islami yang qur'ani. Saya pesankan agar anak-anak yang Khatam ini juga mengajak dan mengajar adik-adik mereka," ungkapnya.

Leonardy menegaskan, pelaksanaan khatam yang melibatkan generasi muda sebagai pelaksananya mengindikasikan pengkaderan kepemimpinan berjalan baik di RW VII yang dipimpin oleh Anwar Ali itu. Anak-anak yang ikut dalam kepanitiaan, peserta khatam, dan mereka yang bertugas untuk mengisi acara  secara tak lansung telah mendapatkan pendidikan karakter. Anak-anak yang menonton setiap rangkaian acara saja sebenarnya sudah berproses dengan mencontoh apa yang dilakukan oleh kakak-kakak mereka.

Oleh karena itu, pria yang kini dipercaya sebagai Ketua Badan Kehormatan DPD RI Periode 2019-2024 itu mengharapkan agar kegiatan serupa tetap dilakukan setiap tahunnya. Tak banyak masjid yang mampu menjadikannya kegiatan rutin tahunan mereka. "Pertahankan dan tingkatkan agar pemuda harapan bangsa selalu ada di era yang berbeda," tegas pria yang akrab dipanggil Bang Leo itu.

Sebagai bentuk dukungan darinya, Leonardy tetap berupaya hadir di setiap gelaran acara yang dilaksanakan pengurus masjid bersama warga RW VII Kelurahan Lubuk Buaya tersebut.

“Saya melihat, Masjid Al Furqan mampu melaksanakan khatam al-quran secara rutin setiap tahunnya. Kita harapkan setelah dia khatam bisa ditingkatkan dari sisi irama. Kalau bisa program tahfiz pun dilaksanakan di TPQ - TQA Masjid Al-Furqan. Tahfiz ini dilombakan juga,” ujarnya.

Disamping itu, kata Leonardy, pendidikan agama ini sangat penting. Ini yang akan membentengi mereka nantinya. Dan patut disyukuri warga di RW VII Komplek Rahaka ini semangat untuk melaksanakan kegiatan ini secara rutin. 
Pengurus masjidnya pun mampu menyalurkan semangat dan kepercayaan warganya. Pelaksanaan acara juga menjadi ajang berproses bagi anak-anak yang ikut menjadi panitia, ikut memeriahkan acara seperti menari pasambahan, bernyanyi, berpuisi dan lainnya. Bukan hanya itu, anak-anak yang menonton pun berproses karena melihat kakak-kakaknya.

Isra Wandi,SPt, Ketua Panitia Khatam Quran ke-14 TPQ - TQA Masjid Al-Furqan menyebutkan pada khatam ke-14 ini diikuti 13 santri. Kegiatan utama khatam Qur'an itu sendiri dilakukan Jumat 25 Oktober 2019. Diikuti akikah salah seorang warga kita.

"Terimakasih Pak Leo telah hadir di Khatam Qur'an yang ke-14  ini. Walaupun di tengah kesibukannya tetap berupaya memenuhi undangan kami. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya," ujar Isra Wandi.

Ketua Masjid Al-Furqan Komp. Rahaka Griya Permai RW VII Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah, Padang, H. Darmawis,SE juga menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran Leonardy. Meski sibuk masih menyempatkan diri bersilaturahmi dengan warga di sini.

"Terimakasih atas kehadiran bapak dan selamat atas terpilihnya bapak kembali sebagai anggota DPD RI. Kini menjadi Ketua Badan Kehormatan DPD RI pula, masih ingat kesini. Selamat dan terima kasih Pak Leo?" ujar Darmawis.

Dikatakannya, acara terlaksana atas dukungan semua pihak. Ada iuran santri dan kepedulian warga. Bahkan donatur berdatangan juga dari luar daerah. 
"Kami manfaatkan pertemanan di media sosial untuk mendukung kesuksesan acara ini," ujar Darmawis.
Sebagai ketua masjid, dia akan mendukung penuh agar kegiatan khatam dapat dilaksanakan setiap tahun. Program irama dan Tahfiz akan menjadi prioritas utama pengurus. (*)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang