Jelang Peringatan Hari Sumpah Pemuda PP) Pasbar Adakan Lomba Cerdas Cermat Pancasila

Jurnalis Sumbar 
Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Pasaman Barat 
bakal melaksanakan Lomba Cerdas Cermat "Pancasila" tingkat SLTP sederajat, SLTA sederajat dan Perguruan Tinggi pada Rabu-Kamis (23/10) mendatang. Acara ini juga bekerjasama dengan Pemda, Forkopimda dan PC SAPMA dan Srikandi, KOTI Mahatidana, PAC Pemuda Pancasila kabupaten setempat.

"Ya, alhamdulillah kegiatan ini sudah berjalan sekitar 75 persen. Seluruh tim yang sudah dibentuk sedang mempersiapkan acara ini agar berjalan sukses dan lancar," kata Ketua Panitia Wirma Yuhendra dan Sekretaris Mhd. Fauzi Nasution kepada wartawan
saat rapat evaluasi kegiatan di kantor MPC PP Pasbar, Simpangempat, Jumat (18/10).

Menurut Wirma, secara teknis kegiatan ini bermaterikan 4 (empat) pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kemudian, peserta berasal dari 1 (satu) regu yang terdiri dari 3 (tiga) orang utusan pelajar SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi dibuktikan rekomendasi dari sekolah atau kampus yang bersangkutan.

Lokasi acara ini direncanakan di 4 (empat) titik yakni, di Balerong, Aula Kantor Bupati, Gedung Pertemuan Pemda dan Aula Rumah Dinas Bupati. Kemudian acara ini juga akan melibatkan juri dari Pemda (Dispora, Disdikbud, Kesbangpol), Forkopimda (TNI, Polri, Kejaksaan, DPRD, Pengadilan Negeri), akademisi, advokat dan pers.

Selanjutnya, mengenai pemenang lomba yang diberi tema "Melalui Cerdas Cermat Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa dan Ideologi Negara", ini akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan total sekitar Rp21 juta.

"Kita berharap agar seluruh sekolah dan kampus dapat mendaftarkan pesertanya ke panitia yang sudah kami tunjuk. Mengenai teknis acara ini juga bisa dilihat di tata tertib acara baik ketentuan umum dan khusus," kata Wirma yang juga diamini Ketua PAC Talamau Reski, Ketua PAC Lembah Melintang Yusdarso, Ketua PAC Ranah Batahan Triwidodo Sutrisno dan Ketua PAC lainnya.

Dikatakan, acara ini tidak ada pungutan biaya atau gratis ke seluruh peserta. Artinya sekolah hanya mengutus peserta dan pendamping ke lokasi acara. Rencananya acara ini langsung dibuka oleh Bupati Pasbar H Yulianto. Kepada semua pihak diharapkan untuk mendukung penuh acara ini, agar pelaksanaannya berjalan sukses. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Yulianto dan pihak terkait yang sudah mendukung penuh kegiatan ini agar sukses nantinya," kata Wirma.

Sementara, Ketua MPC PP Pasbar Fauzi Yusro didampingi Sekretaris Iwan Suhandri menambahkan, acara ini beranjak dari inisiasi dari pengurus MPC PP Pasbar untuk melaksanakan Lomba Cerdas Cermat Pancasila. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pudarnya saat ini nilai-nilai pancasila di tengah masyarakat, termasuk siswa dan mahasiswa itu sendiri.

Kemudian acara ini rangkaian  Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 akan datang.  Lomba cerdas Cermat Pancasila dimaksudkan untuk memahami tata nilai Filsafat Pancasila, sehingga menjiwai tingkah laku generasi muda selaku warga negara harapan bangsa kedepan.  Menumbuhlan Cinta peraatuan dan kesatuan ber Bhineka Tunggal Ika serta mendorong generasi muda  memahami, menganalisis dan menjawab persoalan bangsa dan konsisten terhadap cita-cita bangsa yang digariskan dalam UUD 1945.

"Kita mengajak semua seluruh sekolah baik SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi segera mendaftar ke panitia. Khusus peserta SLTP mendaftar ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar. Karena kita sudah melakukan kerjasama dengan dinas tersebut," ajak Fauzi.

Kegiatan ini rencananya akan masuk dalam program kerja tahunan. Artinya setiap tahun akan dilakukan setiap tahun. Ke depan acara ini juga akan melibatkan peserta dari kalangan umum.

Untuk informasi kegiatan ini bisa menghubungi telepon Fauzi Yusro (0822-8314-4305), Iwan Suhandri (0812-7583-0123), Wirma (0813-7810-8978) dan Fauzi Nasution (0823-8839-8439). Atau langsung datang ke Kantor MPC PP Pasbar (Jln. KKN-Simpangempat, Kecamatan Pasaman, Pasbar) dan Posko Pendaftaran Kantin Duo Putri Depan Mesjid Agung Simpang Empat .
*Dodi Ifanda

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang