Fitri Nora Wanita Pertama Pimpin Dprd Kota Pariaman

www.jurnalissumbar.id
Fitri Nora adalah seorang wanita yang Pertama kali dan satu-satunya di Kota Pariaman menjabat sebagai Ketua DPRD definitif dari  Partai Gerindra. Sebagai Ketua DPRD yang diambil sumpah janjinya dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD Kota Pariaman masa jabatan periode Tahun 2019-2024 di Aula Gedung DPRD Kota Pariaman, Jum'at (4/10).

Terlihat, Ketua DPRD sementara yang dijabat  Harpen Agus Bulyandi (Andi Cover) secara resmi membuka rapat paripurna DPRD Kota Pariaman. Acara  dihadiri  Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

Dalam sambutannya Genius Umar menyampaikan bahwa Jum’at 4 Oktober 2019 adalah merupakan hari yang baik bagi umat Islam. Akan menjadi hari yang bersejarah bagi para Pimpinan DPRD Kota Pariaman yang baru karena akan mengemban tugas yang baru sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD  masa jabatan 5 tahun ke depan periode 2019 – 2023.

“Institusi DPRD, harus menjadi sebuah simbol dari cita-cita bangsa indonesia yang ideal. DPRD hadir ditengah-tengah masyarakat, menyuarakan suara masyarakat, karena ditangan para wakil rakyat inilah amanat rakyat ini diemban, sesuai dengan sila ke empat dari Pancasila yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta mampu menampung dan mengikuti keinginan masyarakat yang kian berkembang”, tuturnya.

“DPRD hadir  mewujudkan lembaga perwakilan yang representatif, harmonis dan produktif sekaligus. Hanya dengan semua inilah demokrasi Indonesia akan menjadi demokrasi yang matang. Selain itu, DPRD juga adalah refleksi dari dinamika dan perkembangan di tanah air. Sekarang zaman berputar sangat cepat, politik yang berubah, dan generasi baru mulai tumbuh dan berkembang. DPRD sekarang adalah DPRD zaman now, sebuah lembaga politik yang terus menjadi sorotan ditengah terpaan arus sosmed, dan karena itu harus terus terbuka untuk mengadopsi kehendak serta tuntutan zaman dan masyarakat sebagai konstituennya,”  jelas Genius.

Genius juga meminta kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Pariaman,  dapat memperkuat fungsi dasar DPRD itu sendiri yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran. Ketiga fungsi ini harus berjalan seiring dan saling mendukung.

“Saya berharap para pimpinan DPRD ini dapat melaksanakan tugas baru ini dengan sepenuh hati, dengan tetap meminta petunjuk kepada Allah SWT, serta dengan senantiasa berpegang pada pilar-pilar utama kebangsaan kita yaitu UUD 1945, pancasila, NKRI, dan prinsip mulia Bhineka Tunggal Ika, saya berpesan kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD bahwa sebagai pimpinan bukanlah sekedar jabatan atau kedudukan, tetapi sebuah amanah untuk merealisasikan cita-cita bersama akan sebuah daerah yang lebih maju,” pungkas Genius Umar.

Genius juga  mengucapkan terimakasih  kepada Ketua DPRD sementara, Harpen Agus Bulyandi (Andi Cover) yang selama ini selalu hadir dalam setiap ivent dan undangan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pariaman.

#Red

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang