Darliyus: Partai Golkar Pasaman Barat Buka Pendaftaran Balon Bupati

Pasaman Barat, Jurnalis Sumbar
Partai Golongan Karya (Golkar)  Pasaman Barat membuka pendaftaran  kandidat calon Bupati Pasaman Barat Pilkada 2020 yang semakin dekat. 
Pengumuman Penyaringan Kandidat tersebut di buka sejak Rabu 2 Oktober 2019 lalu,  
Daliyus, K.SSi. MM ketua DPD Golkar Pasbar   menyampaikan " kami sudah bentuk tim pemilihan kepala daerah partai Golkar Kabupaten Pasaman  Barat membuka peluang kepada tokoh Pasaman Barat dan kader partai Golkar untuk maju di Pilkada Pasbar 2020 nanti"
Tim  Kabupaten menyiapkan blangko pendaftaran, calon kandidat akan disaring menjadi 5 ,selanjutnya Dpd 1 partai Golkar menyaring lagi menjadi 3 orang kandidat dan dilanjutkan oleh tim DPP Golkar menjadi 1 kandidat. 
"Nanti yang Menentukan kandidat  adalah DPP partai Golongan Karya yang menentukan siapa  yang  lebih layak sesuai hasil survei nanti nya". jelas Daliyus. 

"Golkar mengundang putra putri terbaik Bumi Tuah Basamo ini untuk mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati," ucap Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pasbar Daliyus K, kepada Jurnalis Sumbar (8/10).
 "Tim itu diketuai oleh Armi Dt M Batuah untuk melakukan penjaringan terhadap bakal calon kepala daerah.

Ia menjelaskan, pembukaan pendaftaran itu merupakan salah satu bentuk keterbukaan memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik yang ada di Pasaman Barat untuk maju di Pilkada 2020.

"Kami buka sepenuhnya untuk semua kalangan dan pendaftaran ini terbuka untuk umum sampai akhir tahun 2019. Semua calon tentunya akan melewati proses seleksi kelayakan nantinya," jelasnya.

"Siapa saja boleh, baik dari kalangan pengusaha, politisi, akademisi, aktivis, penggiat sosial dan ulama. Namun harus sesuai dengan mekanisme yang ada," imbuh Daliyus.

Untuk diketahui kata Daliyus, banyak tahapan yang harus dilalui para calon, diantaranya melakukan tahapan pendaftaran mulai dari administrasi, pemberkasan dan lainnya akan dilakukan survei yang akan dilakukan oleh tim Pilkada 2020.

Keputusan akhir tetap hasil survei dan diputuskan oleh DPP Golkar. Hal itu sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui kriteria, popularitas, elektabilitas  calon yang diusung.

"Tentunya kader dan non kader memiliki kesempatan yang sama nantinya," katanya.

Ia menyebut Partai Golkar merupakan salah satu partai besar yang cukup mendapatkan hati di masyarakat. Tentunya partisipasi Partai Golkar nantinya di Pilkada sangat penting artinya bagi demokrasi yang ada di Pasaman Barat.

"Saat ini Golkar di DPRD Pasaman Barat memiliki lima kursi dari 40 kursi yang ada. Tentu keinginan kita Golkar dapat mengusung calon kepala daerah sangat tinggi," hariknya.

Daliyus sendiri mengaku juga siap ikut mendaftar sebagai bakal calon kepala nantinya. "Saya siap maju, namun tentu melihat potensi ke depannya,"  Daliyus K yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat 2019-2024.
*Dodi Ifanda

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang