3 Tahun kedepan Pasbar, Perlu Pembinaan Perentasan Ketertinggalan

www.jurnalissumbar.id
Sekretaris  Daerah Kabupaten Pasaman Barat  Yudesri SIP.MSi  menerima secara resmi plakat  dari Kepala Bappeda Joni Hendri, plakat itu diserahkan  saat apel gabungan di Halaman Kantor Bupati Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Senin (12/8)

Yudesri mengatakan, semua prestasi ini dapat kita raih berkat kerjasama semua pihak yang saling membantu, berkolaborasi dan bersinergi dengan baik untuk melaksanakan program yang terarah dan tepat sasaran.

Terimakasih yang sebesar-besarnya atas semua upaya keras dan kegigihan kita bersama, semoga akan tercatat sebagai amal ibadah bagi kita semua,"papar Yudesri

Berdasarkan Perpres 131 tahun 2015 Pasbar masuk sebagai daerah tertinggal dengan 121 Kabupaten lainnya di Indonesia. Untuk Sumatera Barat ada tiga kabupaten yaitu Solok Selatan, Kepulauan Mentawai dan Pasaman Barat.

"Suatu daerah  dapat  dikatakan sebagai daerah tertinggal ditetapkan berdasarkan enam kriteria yaitu perekonomian masyarakat, Sumber Daya Manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas dan karakteristik daerah,"jelas Yudesri.


Berdasarkan Perpres 131 tahun 2015 Pasbar ditetapkan sebagai daerah tertinggal. Namun, pada 31 Juli 2019 berdasarkan keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 79 Pasbar terentaskan dari daerah tertinggal.

Dikatakannya, keluarnya Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 79 tahun 2019 tanggal 31 Juli 2019 tentang penetapan daerah tertinggal yang terentaskan pada 2015-2019, Kabupaten Pasbar merupakan salah satu dari 62 kabupaten yang entas dari daerah tertinggal tersebut.

"Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Solok Selatan berhasil dientaskan keluar dari daerah tertinggal di Provinsi Sumbar, tinggal Kabupaten Kepulauan Mentawai. Makanya kita perlu bersyukur dan berbangga prestasi ini. "ujar sekda

Namun, kita jangan terlena, terus lakukan perbaikan dan semangat di dalam bekerja demi mewujudkan Pasbar yang maju,"

Sehingga mengenai Pasaman Barat menjadi viral didunia maya, apalagi  di grup Fb  Mata Rakyat Pasaman Barat.  

Bahkan adminnya, Fakhni Armen beri komentar cerdas.
"Apa saja,  terobosan yang dilakukan  Pasbar. Sehingga daerah ini  mampu merobah  menjadi daerah yang terlepas dari ketertinggalan." ungkapnya dalam fb itu.
*Dodi Ifanda

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang