PUTRA MALIGI PASBAR SEBAGAI PEMUDA PELOPOR SUMBAR

www.jurnalissumbar.id
Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasbar Decky H Sahputra di dampingi Sekretaris, Mount Eferi menyambut hangat dan haru Pemuda Pasbar dari Maligi,Surya yang berhasil mewakili Sumbar dalam seleksi Pemuda Pelopor Nasional.

Sebelumnya Surya telah ditatapkan sebagai juara 1 ajang kompetisi PEMUDA PELOPOR tingkat kabupaten.

Dan akhirnya Surya keluar sebagai Juara I Pemuda Pelopor tingkat Provinsi, Dikatakan Decky bahwa Kompetisi tingkat Provinsi yang ini diikuti oleh dua belas (12) Kabupaten dan 7 Kotamadya se Sumatera Barat dengan peserta perwakilan lebih kurang 35 orang. 

Akhirnya tim Juri memutuskan SURYA dari Komunitas Pantai Indah Maligi 

( Pandah ArtGreen ) wakil dari Pasbar sebagai Juara 1 tingkat Provinsi dengan issue Sumber Daya Alam dan Pariwisata dan menurut Decky  pada selasa (23/7) kemarin telah menerima awards dari Gubernur Sumatera Barat.

Ditambahkan Mount Eferi bahwa Surya juga akan mewakili Sumatera Barat untuk mengikuti Ajang PEMUDA PELOPOR tingkat Nasional dan berkompetisi dengan 33 provinsi se Indonesia. "dengan target HARUS MENANG.!" harap Mount.


Menurut Decky mereka sangat bangga dan haru, sebab hasil yang diraih ini adalah berkat support sahabat-sahabat pandah yang selama ini membantu perjuangan Surya, kami mengucapkan ribuan terima kasih.


" begitu mendengar kabar gembira ini saya merinding karena kaget bercampur gembira." tutur Mount.


Decky mekanjutkan bahwa mereka yang tergabung dalam KolaborAksi Kemanusiaan Pasbar dan masyarakat, semua memang berharap dan berdoa Surya bisa menang di Provinsi.

Menurut Decky, apa yang telah dilakukan Surya bersama kawan-kawan pemuda Maligi selama ini tergolong luar biasa. 

Kiprah Surya diawali dengan kegigihannya untuk mengelola secara swadaya potensi di sekitar tempat tinggalnya di Kenagarian Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat Sumatera Barat.


" Dengan mengajak beberapa orang pemuda Pantai Indah Maligi yang seide, Surya merintis kegiatan dengan pengolahan sampah pantai menjadi berbagai produk kerajinan tangan bernilai seni." Jelas Mount Eferi lagi.


Pemuda Pasbar dari Maligi yang akan mewakili Sumbar dalam seleksi Pemuda Pelopor Nasional yang akrab di panggil Surya ini sejak tahun lalu memang telah memulai penyelamatan lingkungan dengan mengumpulkan sampah - sampah di Pantai dan mengubah nya jadi karya seni.

Kepeduliannya tidak sampai di situ saja, Surya juga mendirikan Komunitas Pandah ArtGreen sebagai wadah pemuda - pemuda Maligi untuk berkreasi di bidang UMKM dan lingkungan.

Kegiatan komunitas yang didirikannya tersebut awalnya hanya fokus pada daur ulang sampah, penanaman pohon sebagai usaha pelestarian lingkungan saja tapi akhirnya Surya berpikir bagaimana upaya penyelamatan satwa penyu yang menurutnya akan ber out put positif bagi kampungnya. 

Sebab Surya tidak ingin kampungnya Maligi, yang merupakan daerah terisolir, akan terisolir selamanya,menurutnya dengan adanya usaha penyelamatan lingkungan sampai pada mencanangkan program konservasi Kampung Penyu ini Maligi akan menjadi icon baru di Pasaman Barat, akhirnya terbukti.

Menurut Surya semua usaha ini dilakukan dengan swadaya dan swadana yang dibantu oleh beberapa pemuda Maligi yang juga memiliki kemauan yang sama dengan dirinya.

Dikatakannya bahwa kegiatan penyelamatan lingkungan ini ia awali dengan modal dari hasil menjual 1 unit sepeda motor dan 1 unit busur panah. 

Ditambahkannya bahwa untuk biaya operasional kegiatan tersebut, Surya dibantu Isterinya juga berjualan rendang lokan. 

Dan dari hasil keuntungan penjualan tersebut ia sisihkan untuk biaya konservasi penyu.

"Alhamdulillah, upaya kami ini ternyata sudah membuahkan hasil, di mana kampung Maligi sudah viral dan ini semua adalah berkat dukungan keluarga, dorongan dan kerjasama dari pemuda yang tergabung dalam Pandah Artgreen serta bantuan dan bimbingan dari Pak Decky dan Pak Mount Eferi melalui Komunitas beliau seperti KolaborAksi Kemanusiaan PasBar,MRPB PEDULI, PEKAT IB Pasbar, Laskar Mujahidin,World Human Care,Yayasan Umahat Inayah maupun support dari Pemerintah Daerah Pasbar." papar Surya.


"Bersama Kita Bisa, mohon dukungan dan doa, Insyahallah dengan terpilih mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional di ajang Pemuda Pelopor bidang SDA dan Pariwisata, saya berharap kedepan Maligi menjadi daerah edu eko wisata" harap Surya


"Tidak ada perjuangan yang sia-sia, Selama niat dan pengorbanan kita ikhlas, Insya Allah, akan datang balasan kebaikan yang tak kita sangka-sangka. Selamat buat Surya yang terpilih sebagai Juara I Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan berhak mewakili Sumbar ke tingkat Nasional." Ucap Decky .

(Indo/Zoel)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang