KEGIATAN NON FISIK TMMD/N 105 KODIM 0304/AGAM,SOSIALISASI BIOS 44.

www.jurnalissumbar.id
TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) bukan saja melaksanakan kegiatan fisik namun juga melaksanakan kegiatan non fisik, baik tentang pertanian maupun perikanan dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke 105 Kodim 0304/Agam TA 2019, Kamis,(25/7/19).
 Dimana dalam kegiatan TMMD/N tersebut mereka melaksanakan sosialisasi tentang Bios 44 kepada masyarakat  di Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam.

Dalam kesempatan tersebut prajurit TNI dari Kodim 0304/Agam Kpt Inf Chairul Muhammad yang merupakan Pasiter di Kodim 0304/Agam sebagai narasumber memperkenalkan kepada masyarakat apa itu Bios 44 kepada masyarakat Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam.

"Bios 44 merupakan temuan prajurit TNI yang sudah mempunyai hak paten dari Kemenkum HAM, dimana cairan ini selain dapat mencegah kebakaran lahan gambut juga digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur, selain itu juga dapat dipergunakan untuk perikanan,” ujar Chairul Muhammad.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa Bios 44 ini merupakan perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan, pada awalnya berfungsi untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada padalahan gambut dalam tempo tertentu. 

Cairan tersebut membuat lahan gambut tidak akan mudah terbakar. Setelah itu dikembangkan selanjutnya dapat digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur. Sekarang temuan prajurit itu bisa digunakan untuk pengembangan budi daya perikanan dan penyubur tanah.

Usai dilaksanakannya sosialisasi para narasumber dan peserta langsung menuju lapangan untuk melakukan peraktek pengginaan Bios 44 tersebut, sehingga dengan begitu antusias masyarakat mengetahui dan mengerti bagaimana tata cara menggunakan Bios 44 tersebut.

Hadir dalam sosialisasi Bios 44 tersebut, Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Agam, Kadis Pertanian Agam, Kepala jorong Sungai Puar, Sekcam se Kecamatan Palembayan, Masyarakat Nagari Sungai Puar, dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Masyarakat dari Nagari Sungai Puar.

Disamping itu juga Ibu Ramiah masyarakat Sungai puar mengungkapkan sangat berterima kasih kepada bapak TNI Karena selama ada Satgas TMMD/N  ke 105 di Sungai puar kami banyak mendapatkan berbagai macam ilmu dalam kegiatan non fisik diantaranya Sosialisasi bios 44, Harapan kami kedepan agar pertanian kami semakin subur dan sejahtera, Ungkap Ramiah.

Setelah selesai sosialisasi di Aula Kantor Wali Nagari di lamjutkan aplikasi di lapangan ya itu di sawah dan dikolam.

Turut hadir dalam kegiatan Wali Nagari Sungai puar Nofriadi.TK.Sutan, Pak jorong Nopi imran, Distan Ibu yusmali, Dinas Perikanan Ibu titin aswani, Penyuluhan pertanian lapangan Doni irlando, dan masyarakat setempat.(Penrem032).

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang