Ali Mukhni. PadangPariaman Akan.Anggarkan Dana Buat Program Smrtcity

Jurnalissumbarl iKK-Padang pariaman menyatakan siap melaksanakan daerah smart city. Seluruh OPD dan perangkat pemerintahan di Kabupaten Padang Pariaman harus mendukung pelaksanaan smart city.
Demikian ditegaskan Bupati Ali Mukhni, Senin (8/4/2019), menjawab pertanyaan wartawan usai membuka Sosialisasi Padang Pariaman Mengikuti Program Menuju 100 Smart City, di hall IKK Padang Pariaman, Parikmalintang. Menurut Ali Mukhni, Padang Pariaman sudah dipilih menjadi 25 daerah kabupaten/kota terbaik di Indonesia untuk melaksanakan smart city.  
“Pelaksanaan smart city di Padang Pariaman karena Pemkab Padang Pariaman fokus dalam pengembangan informasi teknologi (IT). Karena kalau ingin menguasai dunia harus kuasai IT,” tutur Ali Mukhni.
Ali Mukhni menambahkan, tahun 2019 ini sudah disediakan dana untuk mewujudkan smart city tersebut. Jika masih belum memadai, diupayakan penambahannya pada APBD-Perubahan. Karena smart city ini sangat penting dilakukan Pemkab Padang Pariaman dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Dinas Kominfo Padang Pariaman memang tidak bisa jalan sendiri tanpa dukungan semua OPD. Semua OPD harus mendukung,” tegas Ali Mukhni.
Tahun 2019 ini, semua nagari yang berjumlah 103 nagari, 17 kecamatan dan 25 puskesmas sudah terkoneksi smart city. Jika smart city ini berhasil, Kementerian Kominfo bakal meluncurkan Dana Intensif Daerah (DID) Rp 40 miliar.
“Dengan terkoneksinya smart city dengan puskesmas misalnya, dari kantor ini bisa melihat bagaimana pelayanan di salah satu puskesmas. Apakah ada penumpukkan pasien, apakah pelayanan berjalan dengan baik atau tidak. Begitu pula dengan kantor walinagari yang sudah terkoneksi smart city, bisa dilihat apakah kantornya buka pukul 10.00 WIB atau tidak,” tutur Ali Mukhni.
Dikatakan Ali Mukhni, smart city mampu membantu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Seperti pajak restoran bisa ditingkatkan dengan adanya smart city.
Ali Mukhni juga menyebutkan, potensi sumber daya manusia di Pemkab Padang Pariaman terbukti cukup memiliki kompetensi. Buktinya, ASN Padang Pariaman termasuk 50 ASN terbaik di Indonesia yang diraih Kadis Dukcapil. Aplikasi  perizinan dari Papa AJEP juga meraih prestasi di tingkat nasional. “Ini menunjukkan Padang Pariaman mampu mewujudkan smart city ke depannya. Padang Pariaman pun menjadi kunjungan tempat studi banding oleh daerah lainnya,” kata Ali Mukhni

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang