DPRD Sumbar Kemukakan Tiga Objek Restribusi Yang Perlu Ditingkatkan

JURNALISSUMBAR| PADANG-  Peralihan kewenangan yang tertuang dalam Undang-undang no 23 tahun 2014 terdapat penambahan objek retribusi baru yaitu pelayanan kesehatan hewan, pelayanan laboratorium kesehatan masyarakat veteriner dan pelayanan laboratorium kesehatan yang dikelolah UPT Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, hal ini dikatakan Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Guspardi Gaus saat membuka Rapat Paripurna penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda tentang perubahan Ketiga atas Perda no. 1 tahun 2011 pada Senen (25/3),
Dikatakan ketiga objek restribusi baru ini termasuk dalam kelompok restribusi jasa umum . Untuk itu retribusi jasa umum perlu dilakukan perubahan ungkap Gupardi Gaus.
Sesuai dengan ketentuan pasal 111 Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, maka pelayanan laboratorium kesehatan dan klinik hewan termasuk dalam retribusi pelayanan kesehatan yang merupakan jenis retribusi Jasa Umum. Salah satu upaya mendasar yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perubahan peraturan daerah tentang perubahan kedua atas Perda Nomor tahun 2011 tentang retrebusi jasa umum.
“Dengan telah disampaikanya nota penjelesan terhadap Ranperda tentang perubahan ketiga atas Peraturan Daerah nomor 1 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum oleh Gubernur, maka sesuai dengan tahapan pembahasan Ranperda yang diatur dalam peraturan DPRD tentang tata tertib, pembahasannya dilanjutkan dengan penyampaian pandangan umum Fraksi Fraksi,“ ujar Guspardi Gaus. 
Jelas, bahwa ketiga objek restribusi baru tersebut termasuk dalam kelompok restribusi jasa umum sehingga fraksi partai Golkar yang dibacakan oleh Hj.Marlina Suswati  yang memberikan pandangannya bahwa     untuk mencari sumber PAD yang berdasarkan Undang Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengatur bahwa Retribusi yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi hanya tinggal satu saja yakni Retribusi Pelayanan Kesehatan yang diatur dalam Perda nomor 1 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum seperti tersebut diatas.   
Ranperda ini diatur salah Retribusi baru yang akan diinput adalah Retribusi  kesehatan hewan apakah didalamnya sudah termasuk kesehatan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera dan sebagainya sebab masyarakat kita diSumbar sangat hobi memelihara anjing untuk memburu babi, diPadang pariaman memelihara beruk untuk memetik buah kelapa dan kucing dirumah. Apakah sarana dan prasarana serta SDM untuk pelayanan tersebut sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah, mohon penjelasan Saudara Gubernur.

Berkenaan dengan Pelayanan laboratorium kesehatan masyarakat Veteriner kami mohon penjelasan apa yang dimadsud dengan pelayanan tersebut dan dimana saja tempatnya yang sudah siap dengan pelayanan dimadsud.
Dengan diajukannnya Ranperda ini kami yakin dan percaya tentu Pemerintah Daerah sudah punya prediksi kedepan berapa retribusi yang bisa dipungut dari objek retribusi yang baru diatur dalam Ranperda ini untuk satu anggaran
Marlina mengatakan  agar pelayanan di RSUD Provinsi agar ditingkatkan terus sehingga terciptanya pelayanan yang prima dan masyarakat kita tidak ada lagi yang berobat keluar Daerah atau luar negeri.
#RED

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang