70 Orang Warga Sungai Buluh Dapat pelatihan Sulaman Gratis Dari BDI Padang




JURNALISSUMBAR| BATANG ANAI (SUMBAR) Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Nakerperin) bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang menggelar diklat  Sulaman Kepala Peniti 3 in 1 Angkatan ke IV  bagi warga sungai Buluh kecamatan Batang Anai Padang Pariaman.
Para Peserta dibimbing   dari tenaga pengajar Homeindustri HP3 Padang Pariaman serta pelaksanaannya dipusatkan di depan kantor camat Batang Anai dikenagarian Sungai Buluh kecamatan Batang Anai kabupaten Padang Pariaman, pada Kamis (7/3)
Yuslinur Koto yang didampingi oleh Korlap Trismayeni mengatakan bahwa kegiatan dimaksud bertujuan agar para peserta pendidikan dan pelatihan  mengenal serta mengetahui apa yang dilakukan dan bagaimana prosesnya, serta bahan apa yang mereka butuhkan sekaligus apa manfaatnya," ujarnya
Kegiatan telah dilaksankan  dari tanggal 1sampai tanggal 21  maret 2019  itu diikuti oleh warga masyarakat yang berminat untuk menekuni usaha sulaman kepala peniti  dari seluruh kenagarian yang ada wilayah itu.
"Total peserta pada angkatan ke IV sebanyak 70  orang peserta, selama  kegiatan diklat Sulaman Kepala Paniti ini peserta diberikan pelatihan/materi oleh wiwit dan Novi dari HOMEindustri NP3 Padang Pariaman," ujar Yuslinur  Koto
Dalam pelatihan peserta juga dibekali dengan bahan untuk sulaman, seperti benang, gunting, jarum dan ram.

Yuslinur Koto mengatakan bahwa kegiatan diklat sulaman ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menenun  dan menyulam.
Sekaligus untuk mempromosikan  bagaimana jenis  dari corak dan ciri khas tenun Nareh Pariaman yang terkenal selama ini di pasar nasional dan mancanegara.

Ia mengatakan kegiatan ini juga mendukung perkembangan dan kemajuan sentra tenun yang sudah berjalan selama 2tahun terakhir.
“Kami sekarang ini sedang giat menduniakan tenun nareh layaknya tenun wilayah lain di Sumatera Barat yang sudah terlebih dulu terkenal," kata  Yuslinur Koto  yang akrab dipanggil Cik Ani.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang