Ali Mukhni, KODIM 0308 Pariaman Buka Nagari Terisolir di PadangPariaman

JURNALISSUMBAR| PARIAMAN (SUMBAR) Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD-104) Dandim 0308 Pariaman  dilaksanakan  di Korong Kamumuan Kenagarian Koto Tinggi Kuranji Hilir Kec Sungai limau Kab Pariaman Tahun 2019 di Lapangan bola Korong Kamumuan  selaku Irup Drs.H.Ali Mukni  Bupati Padang Pariaman, selaku Dan Up Kapten Arm Azral koto (Danramil 02/Sungai limau Selasa (26/2/2019).
Bupati Pariaman Drs. H.Ali Mukhni, secara simbolis menyerahkan alat peralatan kerja kepada Dua perwakilan pelaku TMMD dan bantuan alat pertanian, bibit tanaman Dinas Pertanian Sumbar,  batuan dana dari Kemenag Sumbar dan alat-alat olahraga dari Dispora sumbar.  Kemudian dilanjutkan pemukulan Gong didampingi Karsem 032/Wbr Kolonel lnf Edi Nurhabad, Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Heru Fujiyanto,  Dandenhub, Wakapolres Pariaman, Forkopimda Provinsi dan Forkopimda Kabupaten Pariaman.
Dikatakan Ali Mukhni ada program fisik meliputi infrastruktur dan program pemberdayaan Masyarakat yang  meliputi,  Peningkatan jalan sepanjang 4x3.600 M, Pembangunan jembatan 3 M x 5,5 MM x 6 M, Pemasangan batu kali talut 1 titik, Pemasangan gorong-gorong 60 CM 11 titik, Pembuatan jembatan plat  60 CM x 60 CM x 6 M 2 titik, Pembuatan jembatan plat 2 M x 2 M x 7 M 1 titik, Rehab rumah tidak layak huni 2 unit, Rehab Masjid 1 unit, Rehab Musholla 1 unit, Rabat beton 4,5M x 12CM x 80M,
Sasaran atau program Non Fisik, Penyuluhan bela Negara, Penyuluhan wawasan Kebangsaan, Penyuluhan/Sosialisasi pelayanan kesehatan, Penyuluhan/Sosialisasi pertanian, Penyuluhan/Sosialisasi pendidikan, Penyuluhan/Sosialisasi Hukum dan Kamtibmas,  Penyuluhan/Sosialisasi Narkoba,  Penyuluhan/Sosialisasi Keagamaan, Penyuluhan/Sosialisasi KB Kesehatan,Penyuluhan/Sosialisasi Perikanan dan Perternakan, Penyuluhan/Sosialisasi lingkungan hidup dan kehutanan, Penyuluhan/Sosialisasi kegiatan PKK,  Penyuluhan/Sosialisasi kegiatan pelayanan publik dan kependudukan.Penyuluhan/Sosialisasi bahaya Teroris dan paham Radikalisme, Penyuluhan/Sosialisasi mitigasi Bencana Alam.
Dalam acara TMMD Kodim 0308/Pariaman, Drs.H.Ali Mukhni “Hari ini secara serentak dimulai pelaksanaan TMMD TA. 2019,TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD).Salah satu program operasi TNI yang dilaksanakan secara terpadu oleh TNI yang bekerja sama Polri, kementrian lembaga pemerintahan non kepemerintahan pemerintah daerah dari komponen masyarakat lainnnya.
Yang disinergikan dan diintegrasikan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.
Kriteria sasaran TMMD yang diharapkan adalah daerah-daerah yang tergolong daerah terisolir.
TMMD merupakan wujud dari salah satu nawa  cita Presiden RI Joko widodo, Yaitu membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan republik Indonesia.
Kegiatan TMMD Tahun 2019 dilaksanakan selama 3 (tiga) kali dalam satu tahun, Yaitu TMMD ke 104 ke 105 dan 106 dan kabupaten pariaman salah satu kabupaten terpilih TMMD ke 104 ini, Dilaksanakan secara nasional serentak yaitu dibuka tanggal 26 februari 2019 dan ditutup tanggal 27 Maret 2019.
TMMD adalah salah kegiatan pengabdian demi terwujudnya pertahanan Negara, Yang tangguh didaerah sekaligus merupakan upaya TNI.
Untuk berkontribusi melestarikan kemanunggalan TNI Rakyat dan penerapan budaya gotong royong.
Dengan adanya TMMD ini dapat mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa/Nagari.
Karena kegiatan TMMD meliput kegiatan pisik yang terdiri dari kegiatan inprastruktur sarana dan prasarana pasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat, pembangunan rumah tidak layak huni dan terutama sasaran pisik pembukaan jalan diharapkan dapat membuka akses Desa/Nagari terisolir
Suatu daerah dengan daerah lainnya menuju pusat-pusat pertumbuhan yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dilokasi tersebut.
hari ini semangat gotong royong semakin mantap terasa dan kentara pada gerak pembangunan desa. Sedaya sami sayuk guyub rukun saiyeg saekapraya bebarengan mbangun desa melalui TMMD, Melalui TMMD kita bersama merawat gotong royong, memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat untuk membangun desa.
Selain itu Kasrem 032/Wbr, Kolonel Edi Nurhabad juga mengatakan kesempatan diwilayah sumbar  ada TMMD ke 104 dua tempat yaitu di padang pariaman dan kabupaten kepulauan Mentawai dan Kabupaten mentawai dibuka oleh Danrem 032/Wbr, kegiatan TMMD ini membangun inspratuktur buka jalan.
Pada prinsipnya sama ketika saya jadi Dandim Manunggal prajurit dan komponen masyarakat itu bersinergis manunggal untuk memaksimalkan operasi bakti ini kurang lebih tiga puluh hari harus tuntas, tanpa ada pinalti dari (Aswasbang) asisten pengawas pembangunan. Tapi insya Allah dengan ridho Allah sepertinya saya melihat waktu pra jalannya yang paling berat kat enfil itu sudah tuntas tinggal di koral " Tegas Edi Nurhabad "
#RED

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang