Curah Hujan Tinggi, Jalan Longsor dan Rumah Ambruk

Jurnalis Sumbarl PASAMAN BARAT-Hujan deras yang melanda Kabupaten Pasaman Barat pada 15 April malam mengakibatkan satu unit rumah di Jorong Paroman Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau ambruk, 41 rumah terendam dan Jalan Simpang Empat -Talu longsor.

Wakil Bupati Pasbar yang meninjau lokasi pada Rabu (16/1) sore yang didampingi oleh Kepala BPBD Pasbar Tri Wahluyo Kepala Dinas Sosial Marwazi. Tim memberikan bantuan berupa uang tunai dari Baznas, beras, tenda, tikar, dan sembako.

Wakil  Bupati mengatakan, hujan yang cukup tinggi mulai dari siang sampai malam. Sehingga tepatnya jam 21.15 WIB tiba-tiba air hulu sungai Batang Tinggam meluap dan menggenangi rumah warga setinggi dada orang dewasa.

"Banjir tersebut terdapat di dua lokasi yaitu Kp Godang Aia Napa, Kp Baru Tinggam Penghuni rumah yg saat itu sedang berada di rumah masing masing sehingga di Kp Godang Aia Napa 35 unit rumah terendam dan di Kp Baru Tinggam 6 unit rumah,"jelas Yulianto.

Ia menambahkan, satu unit rumah ambruk atas nama Suryati di Nagari  Sinuruik Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat dan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

"Hujan lebat dari kemaren sore mengakibatkan Longsor Jalan Tinggam - Tombang sebanyak 4 titik . Titik pertama Panjang 7 m lebar 3 tinggi 3m. Titik kedua Panjang  23m lebar 8m tinggi rata rata 3 m, yang Arah ketombang 2 titik,"jelas Yulianto.

Yulianto menghimbau kepada masyarakat Pasbar agar  berhati-hati ketika cuaca tidak bersahabat. Pasalnya, lokasi yang biasanya terkena bencana terletak di dekat sungai, sehingga mudah banjir dan longsor.

"Saya pesankan kepada masyarakat agar selalu waspada," seru Yulianto.(h.rs)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang