Tsunami Selat Sunda Bakal Ancam Spesies Badak Jawa

Tsunami%2BIndonesia%2BAncam%2BSpesies%2BBadak%2BJawa
Bencana tsunami yang melanda Indonesia memicu kekhawatiran akan membunuh puluhan badak badak Jawa. - Foto file AFP

Jurnalissumbar
| JAKARTA- Otoritas pelestarian margasatwa mengatakan bencana tsunami melanda Indonesia memicu kekhawatiran bahwa gelombang mengerikan lainnya mungkin akan membunuh lusinan badak Jawa yang masih hidup di negara ini.

Diperkirakan bahwa kurang dari 70 spesies terancam di taman nasional yang terletak tak jauh dari gunung berapi anak krakatau yang memicu gelombang dahsyat pada hari Sabtu (22/12).

Sejauh ini, tidak ada hewan yang tercatat telah tewas dalam bencana yang menewaskan 426 orang, tetapi pihak berwenang memperingatkan gelombang mengerikan lain mungkin membuka jalan di wilayah yang baru saja dilanda.

Oleh karena itu, ini memberi tekanan pada ahli konservasi hewan di Taman Nasional Ujung Kulon, mencari rencana jangka panjang untuk menemukan habitat badak.

"Adalah tugas kami untuk bekerja lebih keras untuk menemukan habitat badak karena kekhawatiran peristiwa bencana dapat terjadi kapan saja," kata Kepala Taman Nasional, Mamat Rahmat kepada AFP.

"Kami sangat beruntung karena tsunami tidak mempengaruhi badak Jawa. Tetapi ancaman masih ada dan kita perlu mengantisipasi, "kata Kepala Yayasan Konservasi Badak Indonesia, Widodo Ramono. 



# Fal | AFP

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang