SEJUMLAH PEJABAT PASBAR UJI KOMPETENSI

Jurnalis Sumbarl Pasaman BaratSejumlah pejabat Eselon III dan IV mengikuti uji kompetensi Pejabat Administrator dan Pengawas (eselon III dan IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (13/12).

Bupati Pasbar melalui Aisistena Pemerintahan Edy Murdani menyampaikan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Pasbar merupakan sebagai salah satu unsur yang sangat penting dalam sistem penyelenggaraan pemerintah daerah dan punya peran penting terutama dalam pembangunan.

Edy Murdani, SH juga menambahkan bahwa menurut UU. No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN mau tidak mau, suka atau tidak suka semua ASN yang memenuhi syarat yang akan/telah menduduki jabatan diharuskan mengikuti proses tes/uji berkala, sehingga di harapkan ASN tersebut dalam menempati jabatannya betul-betul memiliki integritas, profesional dan etika dalam menjalankan tugasnya.

Sementara Kepala BKPSDM Pasbar, Yudesri menyampaikan bahwa kegiatan uji kompetensi di Kab. Pasbar telah sering dilaksanakan diantaranya seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2016 lalu dan Uji Kompetensi untuk jabatan pelaksana/staf pada awal bulan Oktober 2018 oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pada bulan Desember juga lakukan uji kompetensi untuk jabatan Administrator dan Pengawas (Eselon III dan IV) sekaligus mengevaluasi kompetensi aparatur ANS. Data statistik kegiatan peserta yang mengikuti kompetensi saat berjumlah 571 orang terdiri dari pejabat eselon III dan IV.

"Diharapkan dengan adanya uji kompetensi ini kedepannya penempatan para pejabat di lingkup Pemkab. Pasbar bisa lebih sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing ASN yang bersangkutan. Materi Uji Kompetensi ini berasal dari kompetensi teknis yang terdiri dari kebijakan ASN, renstra dan SOTK, kompetensi manejerial yang terdiri dari fungsi manejerial dan fungsi kepemimpinan serta kompetensi sosial kultural yang terdiri dari keanekaragaman sosial budaya serta bahasa Inggris,' sebut Yudesri.

Ujian kompetensi yang dilaksanakan dengan memakai sistem CAT, dimana satu sesi diikuti oleh 50 peserta dalam waktu 90 menit per-sesinya.

"Secara berangsur-angsur kita benahi aparatur kita dimulai dengan meningkatkan kesejahteraan ASN, seperti pada tahun ini dengan melaksanakan Peraturan Bupati No.103 Tahun 2017 tentang pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) berdasarkan kinerja," pungkasnya.(h.rs)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang