Kader PKK Pasbar Antusias Ikuti Bimbingan Teknis

Jurnalis Sumbarl Pasaman Barat-Sejumlah anggota PKK se Kabupaten Pasaman Barat antusias mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) gerakan PKK yang berlangsung di Gedung Balerong Simpang Empat, Jumat (14/12).

Bimtek secara resmi nn oleh Ketua TP. PKK Pas aman Barat, Yunisra Syahiran. Diikuti oleh seluruh Kader PKK se Kabupaten Pasaman Barat.

Yunisra menyampaikan gerakan PKK dengan 10 program pokoknya akan terus melakukan upaya optimalisasi program dengan memunculkan berbagai inovasi baru. Terutama dalam hal memunculkan motivasi terhadap masyarakat agar partisipatif dalam program-program PKK.

"PKK harus mampu memenuhi fungsinya secara optimal terutama dalam hal sepuluh program pokok prioritas yang kesemuanya itu bertujuan menyesejahterakan masyarakat," kata Yunisra.

Disampaikan, dengan tuntutan pembangunan dan kebutuhan masyarakat untuk keluar dari ketinggalan dalam segenap aspek kehidupan, mekanisme pengelolaan gerakan PKK dituntut semakin mampu memfasilitasi dan mengakselerasi,mempercepat pelaksanaan program pemberdayaan keluarga profesional di wilayah kerja masing-masing. Upaya tidak lepas dari tiga hal pokok yaitu peningkatan SDM, peningkatan ekonomi dan peningkatan derajat kesehatan.

Disamping itu untuk meningkatkan kualitas dan memantapkan gerakan PKK dan memacu keberhasilan pelaksanaan program maka dilaksanakanlah pelatihan dan orientasi bagi segenap pengurus dan kader-kader PKK terutama oleh TP. PKK nagari.

Program tersebut seperti pemberdayaan germas, sosialisasi dan lelatihan kader BKB, posyandu, SIP posyandu melalui program kampung KB,kegiatan pamanfaatan pekarangan dengan bantuan bibit dan pembuatan Rak vertikuler yang dibina oleh dinas ketahanan pangan," papar Yunisra.

Yunisra Syahiran menghimbau agar pelatihan ini dilaksanakan seperti pelatihan administrasi dasawisma, kelembagaan PKK, pelatihan penyusunan rencana kerja PKK, pelatihan administrasi kelompok UP2K, pelatihan kader posyandu, pelatihan keterampilan menjahit di harapkan lebih ditingkatkan agar mutu keterampilan kader juga lebih meningkat.(h.rs)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang