Duta Besar Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di Pakistan Media Festival

Duta%2BBesar%2BRI%2BJadi%2BTamu%2BKehormatan%2Bdi%2BPakistan%2BMedia%2BFestival

Jurnalissumbar | ​Islamabad(PAKISTAN)- Sebuah acara yang dihadiri oleh generasi milenial Pakistan bertajuk Media Festival digelar oleh kampus Shahid Zulfikar Ali Bhutto Institute of Science and Technology (SZABIST), di Islamabad. Ratusan pengunjung memadati kampus megah untuk melihat secara langsung pertunjukan yang dihelat anak muda Pakistan mulai dari seni lukis, craft, rancang busana, kaligrafi, kuliner, teater musikal, drama, publisistik, hingga siaran radio khusus kaum muda.  

“Selama bertugas di Pakistan baru kali ini saya menyaksikan generasi milenial Pakistan yang penuh ekspresi dan kreatifitas serta mampu menyampaikan pesan melalui gagasan yang bebas dan inspiratif," ucap Dubes RI Islamabad, Iwan Suyudhie Amri yang didaulat menjadi tamu kehormatan pada acara tersebut.

Pertunjukan teater “shadow show" atau seperti puppet show yang dimainkan oleh muda mudi menyuguhkan potret tuntutan kalangan milenial Pakistan yang ingin tampil lebih modern dan bersahabat dengan trend zaman namun masih mendapat tentangan dari kalangan tua, mendapat perhatian dan apresiasi penonton.

“Dari totalitas yang kita saksikan bersama di tempat ini sungguh merefleksikan wajah 'Naya Pakistan" yang dicitakan pemerintahan baru PM Imran Khan," ujar Dubes Iwan yang disambut tepuk tangan gemuruh muda-mudi Pakistan. Dalam sambutan yang disampaikan dan kesempatan obrolan dengan jajaran pimpinan kampus dan mahasiswa, Dubes Iwan juga menyampaikan bahwa sebagai dua negara bersahabat Indonesia dan Pakistan memiliki banyak kesamaan selain dari faktor agama mayoritas, namun juga pada tantangan kedua bangsa terkhusus kalangan milenial untuk dapat berdialektika dengan dua semangat kebangsaan dan kemodernan. 

Khusro Pervaiz Khan selaku Rektor SZABIST dalam sambutannya mengaku kagum dengan kemajuan yang dicapai Indonesia khususnya dalam capaian pembangunan dan pembinaan generasi milenial yang modern sekaligus memiliki jati bangsa yang kuat. Hal tersebut antara lain disaksikan pada saat beberapa dosen pengajar SZABIST yang berkesempatan diundang ke Indonesia dan terlibat dialog dengan kalangan akademisi dan generasi muda baik di kampus negeri maupun swasta Indonesia.

“Kami ingin undang beberapa profesional Indonesia untuk bertukar pengalaman mengenai beberapa hal yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dan world views para siswa kami," ucap Dr. Wajid Dzulqarnain, Dekan Fakultas Media.

Kepada para mahasiswa Dubes Iwan menyampaikan pesan, untuk tetap menjaga nilai moral sebagai kunci mewujudkan masyarakat yang damai, sejahtera dan demokratis. “Saya berharap generasi milenial Pakistan pun bisa berperan positif untuk memperkuat demokrasi dan nilai moral di tengah masyarakat," tutup Dubes Iwan.


# Fal | Puspen Kemlu

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang