Dato' Seri Anwar Ibrahim Kagumi Ranah Minang

JURNALIS SUMBAR | PADANG- Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato' Seri Anwar Ibrahim mengakui Sumatera Barat (Sumbar) memiliki akar budaya yang sangat kuat. Apalagi menurutnya Ranah Minang banyak melahirkan tokoh-tokoh besar yang bukan hanya terkenal di Indonesia tapi juga di berbagai dunia.

Tokoh-tokoh besar dari Minangkabau itu baginya salah satu inspirasi dan semangat bagi dirinya untuk bangkit atau berjuang di dunia politik di Malaysia. Dalam penilaiannya, orang Minang bukan hanya sebagai perantau ulung tetapi juga pejuang ulung.

“Ranah Minangkabau bukan alamnya yang terkenal rancak, tetapi tokoh-tokohnya juga sangat mengagumkan. Baik sebagai ulama, pejuang, sastrawan, budayawan, pendidikan, bahkan dalam perdagangan,” sebut Dato’ Anwar di hadapan ribuan mahasiswa dan civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP), Minggu (28/10/2018).
Iklan Dalam Berita

Beberapa tokoh-tokoh Minang yang disebutnya seperti Bung Hatta, Abdul Muis, Agus Salim, Rohana Kudus, Buya Hamka, dan sederet tokoh-tokoh berdarah Minangkabau lainnya dengan berbagai latar belakang profesi dan ilmu.

Dengan kegamuman itu, Dato' Anwar mengakui bahwa banyak daerah di Indonesia, seperti Jawa, Makassar, Kalimantan, dan daerah lainnya yang memiliki tokoh besar tetapi tidak sebanyak tokoh-tokoh dari Minangkabau.

Ia juga mengakui bahwa sampai ke negeri Jiran juga banyak keturunan Minangkabau yang menjadi tokoh besar, terutama yang bermukim di Negeri Sembilan Malaysia. Termasuk dia salah satunya bisa besar juga karena dukungan rakyat Malaysia yang banyak berdarah Minangkabau.

“Orang Minangkabau sepatutnya berbangga karena telah banyak memiliki tokoh-tokoh besar. Tapi jangan lupa, ini tugas generasi muda menjadi tokoh besar selanjutnya, sebab saat ini tokoh Minang sudah mulai berkurang di level nasional,”  kata Dato’ Anwar.

Kekaguman Dato’ Anwar kepada tokoh Minangkabau bukan hanya karena kepandaian dan keberaniannya semata, tetapi terlebih karena hidup orang Minang selalu dilandasi nilai moral, etika, dan akhlak mulia, terutama yang berlandaskan agama.

“Sebab itu pula saya bisa berpijak ke tokoh Minangkabau karena akhlaknya sebagai contoh yang baik, serta menegakkan kebenaran. Maka saya berjuang juga demi kebenaran meskipun saya harus dipenjara, tapi saya manfaatkan membaca ribuan buku, termasuk buku orang Minangkabau,” paparnya.

Sebaliknya Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno juga sangat mengagumi sosok Dato’ Anwar Ibrahim ini. Pasalnya Dato’ Anwar mampu menjadi contoh sebagai seorang pejuang ulung dalam membela kepentingan rakyat Malaysia.

Ia berharap dengan kedatangan Dato’ Anwar di Padang, bisa semakin merekatkan hubungan antara Malaysia dan Indonesia, terkhusus dalam hubungan Malaysia dan Sumbar ke depannya. Baik dalam bidang pendidikan, kebudayaan, maupun ekonomi.

“Kita dari Minangkabau dan Malaysia ini serumpun, semoga ke depan hubungan ini semakin erat. Apalagi Dato’ Anwar merupakan sosok yang mengagumkan dalam memperjuangkan hak rakyat Malaysia,” kata Irwan dalam sambutannya. 
#Sumbarfokus

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang