Sebanyak 1800 Batang Bibit Kopi Arabika Dibagikan Kepada 6 Kelompok SPP Se Kecamatan Talamau-Pasbar

JURNALISTSUMBAR| PASBAR- Badan Kerja Sama Antar Nagari (BKAN) Kec. Talamau, Kab. Pasaman Barat, Prov. Sumatra Barat membagikan bantuan bibit Kopi Arabika kepada 6 kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Bibit kopi arabika yang sebelumnya hanya kecambah,setelah dikelola oleh SMKN 1 Talamau sampai menjadi bibit.

Pembagian bibit kopi arabika dihadiri oleh Camat Talamau Dasrial, Wali Nagari Talu Anuzul MR, Wali Nagari Sinuruik Frianton, UPK Kec. Talamau, seluruh Anggota BKAN Kec. Talamau.

Sebanyak 1800 batang bibit kopi arabika dibagikan kepada 6 kelompok SPP secara serentak. "Ini adalah tahap pembagian pertama yang dibagikan kepada 6 kelompok SPP se Kecamatan Talamau", ujar Ketua BKAN Talamau Dalimi.

Katanya, Ada sebanyak 50.000 kecambah kopi arabika yang diserahkan kepada SMKN 1 Talamau beberapa bulan yang lalu, dan itu adalah bentuk kerja sama antara BKAN Talamau dengan SMKN 1 Talamau.

"Bibit kopi arabika ini adalah hasil dari pengelolaan yang dikerjakan oleh SMKN 1 Talamau. Alhamdulillah, proses pembibitan berjalan dengan lancar dan sukses sehingga sekarang masyarakat kecamatan talamau sudah dapat menikmati hasilnya", tutur Dalimi.

Lanjutnya, Kecambah sebanyak 50 ribu tersebut dikelola secara bertahap oleh pihak sekolah, karena terkendala lokasi yang kurang memadai. Secara spontan pengelolaan yang dilakukan pihak sekolah sudah lumayan sempurna.

Lebih jauh disampaikannya, selain pembagian bibit bantuan beasiswa juga diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Talamau.

"Kita juga berikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu sebesar Rp.500.000.Beasiswa tersebut diberikan satu orang per nagari dan diberikan secara rutin sekali dalam sebulan", paparnya.

Sementara, Camat Talamau Dasrial sangat mensuport kegiatan ini, ia berharap kedepan kegiatan ini akan dapat berlanjut ketahun-tahun selanjutnya.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang