Pembiyaan Pelayanan Kesehatan BPJS di Sumbar Meningkat Tajam


Jurnalistsumbar.com-------------------Padang – Empat tahun program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BJS) Kesehatan berjalan, tren pembiayaan pelayanan kesehatan masyarakat terus meningkat. Peningkatan pembiayaan pelayanan kesehatan di Sumatera Barat mencapai empat kali lipat.
Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada kegiatan senam kolosal rangkaian peringatan HUT ke-50 BPJS di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, Minggu (29/7).
“Tren pelayanan kesehatan di Sumbar meningkat karena masyarakat merasakan manfaat BPJS. Beban pembiayaan bukan lagi hal yang merisaukan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.
Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan pesan-pesan kesehatan dan manfaat menggunakan BPJS bagi masyarakat. Menurutnya, kegiatan olahraga seperti senam ini pun, merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan.
Kegiatan senam kolosal yang bertabur hadiah ini dihadiri Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah beserta istri, pimpinan BPJS cabang Padang serta sejumlah pejabat struktural.
Senada dengan itu, Walikota Padang, Mahyeldi menyebutkan, dengan jaminan kesehatan warga diharapkan termotivasi untuk merealisasikan Gerakan Masyarakat Sehat.
“Melalui senam massal dalam rangka HUT BPJS ke-50 menjadi momentum untuk memotivasi masyarakat mencintai hidup sehat,” ujarnya.
Ia mengatakan, menjaga kesehatan jauh lebih penting datipada mengobati setelah mendapatkan penyakit. Dengan menumbuhkan kesadaran hidup sehat itu, warga akan selalu rermotivasi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya. “Dimulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan,” tuturnya.
Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Kepwil BPJS Kesehatan Sumbagteng dan Jambi, Siswandi mengungkapkan realisasi pembiayaan kesehatan Program JKN-KIS emat tahun terakhir secara nasional telah mencapai kurang lebih Rp250 trilyun. Peningkatan tren pelayanan kesehatan telah mencapai 200 persen. Sedangkan tren peningkatan pembiayaan kesehatan di Sumatera Barat mencapai lebih dari empat kali lipat.
“Tren pelayanan kesehatan di Sumbar juga meningkat empat kali lipat pada 2017 dibanding tahun sebelumnya. Realisasi pembiayaan tahun 2014 sebesar Rp500 milyar sementara tahun 2017 sudah mencapai Rp2,2 triliun,” katanya.
Siswandi menambahkan, melalui kegiatan ini BPJS mengkampanyekan pola hidup sehat. Cukup dengan menjaga kebugaran secara rutin dapat menjaga kesehatan.
“Betapa mudah dan murahnya menjaga kesehatan, dengan melakukan senam rutin setiap pagi sudah menjadikan tubuh bugar dan mengurangi resiko penyakit stroke, hypertensi dan sebagainya,” katanya (Sam)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang